May 2, 2016

Setelah Mac OS, Windows 95 Juga Bisa Di-Install pada Apple Watch

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah Mac OS, Windows 95 Juga Bisa Di-Install pada Apple Watch  

MOBITEKNO – Seorang developer, Nick Lee, mungkin ingin menunjukkan performa smartwatch Apple Watch tidak kalah kemampuannya dengan desktop PC yang digunakan dua dekade lalu. Ini ditunjukkan Nick dengan menjalankan sistem operasi (OS) Windows 95 yang dirilis, tentu saja tahun 1995, dalam Apple Watch. (lihat videonya di bagian akhir).

Meskipun Windows 95 sama sekali tidak diperuntukkan untuk perangkat wearable, seperti Apple Watch, Nick menjelaskan bagaimana caranya menyiasati OS dari Microsoft tersebut agar bisa berjalan pada smartwatch dengan chipset Apple S1 (prosesor 520 MHz, GPU PowerVR SGX543), RAM 512 MB, dan internal storage 8 GB. Melihat spesifikasi PC desktop umumnya saat Windows 95 dirlis, cukup masuk akal jika Apple Watch seharusnya sanggup menjalankan OS tersebut.

Nick bukan pertama kali ini saja bereskperimen dalam menjalankan OS desktop lama di smartwatch. Sebelumnya, Ia juga telah mencoba meng-install sistem operasi desktop Apple, yakni Mac OS 7.5.5 pada Apple Watch.

Metode yang ditempuh Nick didasarkan pada metode yang sudah dikenal sebelumnya dari developer Apple Steven Troughton Smith untuk menjalankan native UIKit apps pada Apple Watch.

Berhubung OS berjalan dalam mode emulasi, prosesnya berjalan jauh lebih lambat dibandingkan menjalankan kerne Windows secara native. Menurut Lee, Apple Watch membutuhkan waktu boot selama satu jam untuk masuk ke dalam kondisi yang siap digunakan.

Saat Windows 95 diluncurkan, konsumen pada umumnya mungkin belum banyak membayangkan jika sistem operasi selengkap Windows 95 bisa dijalankan di perangkat sekecil jam. Dua dekade berikutnya di masa saat ini, kita telah berada di fase awal dimana smartwatch yang semakin pintar sangat mungkin akan menggantikan peranan bukan hanya smartphone api juga sebagian fungsi PC desktop.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS