May 2, 2016

Review Buffalo MiniStation Extreme HD-PZFU3: USB 3.0, Aman, dan Tahan Banting

Penulis: Desmal Andi
Review Buffalo MiniStation Extreme HD-PZFU3: USB 3.0, Aman, dan Tahan Banting  

MOBITEKNO – Kebutuhan akan data semakin hari semakin meningkat. Oleh sebab itu, hard disk eksternal sudah menjadi perlengkapan yang sering dibutuhkan oleh para pemilik data tersebut. Mulai dari data pekerjaan, file lagu, hingga video biasanya disimpan dalam sebuah hard disk eksternal. Namun, memilih hard disk eksternal juga harus disesuaikan dengan aktivitas Anda. Bagi Anda yang selalu aktif tentu saja membutuhkan hard disk eksternal yang desainnya nyaman dan mudah dibawa kemanapun anda pergi.

Inilah yang dilakukan Buffalo dengan produk Buffalo MiniStation Extreme HD-PZFU3, Hard Disk Drive (HDD) eksternal yang memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB. Kapasitas tersebut sudah tentu bisa menjadi solusi bagi penggunanya untuk menyimpan berbagai file penting mereka. Didesain dengan cermat, hard disk eksternal ini cukup nyaman dipegang dan digunakan untuk proses transfer data dari PC atau notebook ke HDD Eksternal Buffalo HD-PZFU3 ini.

Nama Buffalo tentu tidak asing lagi bagi para pengguna PC. Perusahaan yang sering menghadirkan komponen-komponen PC ini memang selalu berinovasi dalam menyuguhkan produk terbaru mereka ke para konsumennya. Tidak terkecuali dengan MiniStation Extreme HD-PZFU3 ini. Dilihat dari bentuknya saja, tampaknya Buffalo tidak hanya memikirkan kapasitas, tetapi juga daya tahan hard disk saat digunakan.

Kelengkapan

Buffalo MiniStation Extreme HD-PZFU3 ini dikemas dalam sebuah paket yang kompak dengan balutan warna merah dan putih. Semua informasi mengenai hard disk juga dicantumkan dalam boks kemasannya. Saat dibuka, tidak hanya unit hard disk eksternal saja yang disediakan.

Di dalam kotak kemasannya, Anda akan menemukan”

  1. Unit hard disk eksternal HD-PZFU3 lengkap dengan kabel USB 3.0
  2. Kabel USB 3 extension untuk koneksi yang lebih panjang.
  3. Buku petunjuk singkat.

Desain

Dengan kapasitas 1 TB, hard disk ini memiliki ukuran 80 x 128 x 18 mm. Permukaannya cukup kokoh dan tebal karena sekaligus sebagai proteksi dari benturan. Di bagian sisinya, terdapat kabel USB 3.0 dengan bentuk yang tipis mengikuti alur dari bodi hard disk. Desain tempat untuk kabelnya pun dibuat rapi sehingga kabel bisa terkunci dengan aman saat hard disk dibawa di dalam tas. Adanya kabel yang terintegrasi ini juga membantu penggunanya karena kabel USB dan hard disk sudah menjadi satu kesatuan.

Buffalo juga memikirkan keamanan hard disk dengan mendesain empat bulatan kecil di bagian bawah yang berfungsi sebagai penahan hard disk saat diletakkan di atas sebuah permukaan yang keras. Selain itu, untuk keamanan hard disk, seperti notebook, terdapat juga lubang kecil yang dapat dipasangkan tali pengikat untuk mengamankan hard disk. Untuk mengaksesnya, Anda cukup membuka lapisa karet yang menutupinya.

Desain Buffalo MiniStation Extreme HD-PZFU3 ini juga cukup fleksibel. Diletakkan dalam posisi apapun, hard disk akan berdiri dngan kokoh. Buffalo MiniStation Extreme HD-PZFU3 dibalut dua warna, hitam dan merah pada keseluruhan unit hard disk.

Fitur & Performa

Dukungan koneksi USB 3.0 tentu saja membuat hard disk ini dapat mengakses file dengan lebih cepat. Proses baca dan tulis berlangsung tidak selama jika menggunakan USB 2.0. Namun, tentu saja koneksi dari kabel hard disk yang sudah USB 3.0 membutuhkan port USB 3.0 juga dari perangkat notebook atau PC.

Tidak hanya andal dalam melakukan proses baca dan tulis berkat adanya koneksi USB 3.0. Namun, sesuai dengan namanya MiniStation Extreme HD-PZFU3 ini juga didesain tahan benturan. Saat dilakukan uji jatuh dari ketinggian 1 meter, hard disk tetap aman. Data yang ada di dalamnya tetap bisa dibaca dan hard disk pun masih tetap lancar saat Mobitekno memindahkan data dari notebook ke hard disk. Lapisan yang dipermukaannya juga mampu melindungi hard disk dari debu dan air.

Pada pengujian hard disk ini, Mobitekno menggunakan perangkat notebook berprosesor Intel Core i3 1,8 GHz dan RAM 4 GB. Dari tool HD Tune Pro 5.6, didapat hasil proses baca dan tulis sebagai berikut.

Spesifikasi

Kapasitas Hard Disk 1 TB
Interface USB 3.0
Dimensi 89 x 128 x 18 mm
Sistem Operasi Pendukung Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Mac OS 1-.4 -10.9
Power Supply USB
Jenis Drive SATA 1

 

Kesimpulan

Buffalo MiniStation Exreme HD-PZFU3 bisa menjadi solusi bagi semua pengguna komputer yang selalu aktif. Dibalut dengan sistem proteksi yang andal, Anda tidak perlu resah mengenai keamanan data di dalamnya. Bahkan, tidak hanya benturan, hard disk ini mampu bertahan terhadap gangguan debu dan cipratan air.

Kapasitasnya yang 1 TB sudah cukup lega untuk menampung data-data penting yang Anda miliki. Mulai dari dokumen pekerjaan, file audio, video, hingga foto-foto narsis bisa Anda pindahkan dari smartphone, PC, atau notebook ke hard disk eksternal ini. Dengan demikian, file tersebut bisa dibuka dimanapun Anda berada dengan menghubungkan hard disk eksternal ini ke perangkat PC atau notebook.

Daya tarik lainnya adalah kombinasi warna yang cukup nyaman dilihat, yaitu merah dan hitam. Selain itu, adanya kabel USB 3.0 yang terintegrasi juga mampu membuat penggunanya merasa nyaman karena tidak perlu khawatir lagi dengan proses transfer data karena kabel USB yang tertinggal di rumah.

Tags: , , , ,


COMMENTS