March 2, 2016

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bertukar Dokumen, Dimulai dengan Format PDF

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bertukar Dokumen, Dimulai dengan Format PDF  

MOBITEKNO – Whatsapp cukup sibuk ‘bebenah’ selama kuartal pertama 2016 ini. Setelah menyediakan dukungan jumlah pengguna 256 orang dalam satu grup dan dukungan cloud storage untuk pengguna iPHone, WhatsApp kembali menghadirkan update penting dalam berbagi data di antara penggunanya.

Pengguna Whatsapp versi Android (WhatsApp v2.12.453) dan versi iOS (WhatsApp v2.12.4) kini telah dapat mengirimkan dokumen, meski baru mendukung file PDF saja.

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp cukup men-tap icon atau tombol “attachment’, dilanjutkan dengan tapping icon "Document" untuk menampilkan dokumen PDF yang ada tersimpan di smartphone Anda. Pengguna iPhone juga dapat mengambil dokumennya yang tersimpan di cloud storage Google Drive, Dropbox, atau iCloud Drive.

Pertukaran dokumen PDF di antara anggota grup WhatsApp hanya bisa dilakukan jika semua anggota grup telah menggunakan versi terbaru yang disebutkan di atas.

Dukungan file lampiran dokumen berformat PDF dari perusahaan yang kini dimiliki Facebook ini bisa dikatakan ‘setengah hati’ mengingat aplikasi messenger lain, seperti Telegram atau WeChat sudah cukup lama mendukung transfer beragam format dokumen (DOC, XLS, RTF, ZIP, dan lain-lain) dan bukan hanya PDF.

Para pengguna biasanya menyiasati kekurangan WhatsApp dalam mendukng format dokumen tersebut dengan memakai aplikasi (tool) third-party atau modifikasi file dokumen dengan perintah (command) copy binary (copy/b) untuk menggabungkannya dengan file dokumen yang didukung WhatsApp.

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS