January 2, 2016

Rudiantara: Sertifikasi Tingkatkan Daya Saing SDM Hadapi Persaingan Pasar Global

Penulis: Eko Lannueardy
Rudiantara: Sertifikasi Tingkatkan Daya Saing SDM Hadapi Persaingan Pasar Global  

MOBITEKNO – Pengembangan sumber daya manusia atau SDM menjadi salah satu dari tujuh fokus pembangunan di sektor komunikasi dan informatika. Saat ini, Kementerian Kominfo menitikberatkan pada pendekatan ekosistem. Hal inilah yang ditegaskan oleh Menteri Kominfo Rudiantara dalam Penyerahan Sertifikasi Lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Jakarta menjelang akhir Desember 2015 lalu.

"Dengan mengoptimalkan resources pemerintah yang terbatas untuk memperoleh dampak yang maksimal. Ini penting untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia atau SDM di sektor Kominfo. Tidak saja untuk menghadapi Perdagangan Bebas ASEAN atau MEA, tetapi juga untuk persaingan global," ujar Rudiantara.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika paling tidak ada tiga isu utama dalam pengembangan SDM, yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ketersediaan lapangan kerja, dan kualitas tenaga kerja. Dalam MEA, Rudiantara juga menambahkan bahwa ini bukan soal kompetisi sesama negara ASEAN, namun antara sesama Negara ASEAN saling memanfaatkan kelebihan masing-masing.

Saat ini pun untuk memastikan ketersediaan lapangan kerja, pembangunan Indonesia fokus terhadap APBN dan Foreign Direct Investment (FDI). Dan terakhir mengenai kualitas tenaga kerja, terutama sektor Kominfo, dibutuhkan kompetensi yang memadai agar dapat bersaing.

"Oleh karena itu, Lembaga Sertifikasi Profesi memiliki peran penting, yakni untuk memastikan kualitas tenaga kerja sektor Kominfo. Tak hanya mutu, yang juga perlu diperhatikan adalah soal akses dan afordabilitas pendidikan. Dengan begitu, diharapkan SDM di Indonesia, khususnya di bidang TIK akan makin baik," tegas Rudiantara.

Ada enam Lembaga Sertifikasi Profesi di Bidang Kominfo yang mendapatkan Sertifikasi Lisensi, yakni LSP Telekomunikasi, LSP Public Relation Indonesia, LSP Komputer, LSP Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, LSP Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, dan Ketua Sekolah Tinggi Multimedia Jogjakarta.

Penyerahan Sertifikasi Lisensi dilakukan oleh Ketua BNSP Sumarna F. Abdurahman disaksikan Menteri Kominfo Rudiantara dan Kepala BPSDM Kominfo Basuki Yusuf Iskandar. Pada tahun 2015 lalu, Kementerian Kominfo telah memfasilitasi sertifikasi 11.000 tenaga kerja. Melalui fasilitasi Program KSS, juga telah dikembangkan sejumlah skema sertifikasi dan 13 LSP, enam diantaranya telah mendapatkan lisensi BNSP.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS