September 1, 2016

Perusahaan Korsel Kembangkan Teknologi Iris Scanner Untuk Smartphone Terjangkau

Penulis: Abdillah
Perusahaan Korsel Kembangkan Teknologi Iris Scanner Untuk Smartphone Terjangkau  

MOBITEKNO – Salah satu fitur andalan Samsung Galaxy Note 7 adalah keberadaan teknologi iris scanner (pemindaian mata) yang diklaim sebagai metode identifikasi yang paling aman. Sayangnya, teknologi pemindaian ini masih cukup mahal, sehingga hanya digunakan pada perangkat premium. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa teknologi pemindaian mata ini kelak bisa diterapkan oleh smartphone dengan harga terjangkau.

Perusahaan semikonduktor asal Korea Selatan, Dongwoon Anatech Co, Ltd, mengungkapkan bahwa mereka sedang mengerjakan sebuah desain dengan produsen  smartphone dan modul kamera untuk membawa teknologi otentikasi iris ke perangkat yang lebih terjangkau. Jika smartphone yang baru dirilis memiliki modul kamera terpisah untuk otentikasi iris, Dongwoon Anatech telah mengembangkan sebuah teknologi yang menggabungkan filter IR (inframerah) dengan kamera depan reguler agar memungkinkan pengenalan iris untuk perangkat yang lebih terjangkau. Pihak perusahaan menyatakan bahwa IC Filter Changer mereka lebih baik dalam segala aspek seperti area dari chip, akurasi, dan tingkat konsumsi listrik.

IC IR Filter Changer memungkinkan modul kamera depan yang ada pada smartphone berfungsi sebagai otentikasi iris. Teknologi ini dapat digerakkan untuk bertindak sebagai filter inframerah ketika diperlukan untuk scanning iris. Modul terpadu ini akan menempati area yang lebih kecil dalam smartphone dan memungkinkan penurunan biaya produksi.

"Modul terpadu dapat mengurangi biaya dan lebih menguntungkan dari perspektif desain karena memakan ruang yang lebih kecil dalam smartphone. Diprediksi modul kamera dengan filter IR akan menjadi tren untuk solusi otentikasi iris di masa depan," ujar Kim Dong-cheol, President Dongwoon Anatech, seperti yang dikutip dari Etnews.

Ia juga menambahkan bahwa biaya manufaktur akan berkurang 30% saat sejumlah modul kamera berkurang dari dua menjadi satu. Dongwoon Anatech juga berencana untuk menerapkan IC IR Filter changer untuk berbagai perangkat seperti kamera keamanan dan lain-lain. Termasuk ketika diterapkan pada kunci pintu rumah untuk membangun lingkungan rumah berbasis IoT. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan teknologi ini akan dirilis.

Tags: , , ,


COMMENTS