June 1, 2016

Berkat Fitur Keselamatan, Pebalap F3 ini Lolos dari Keelakaan Fatal

Penulis: Desmal Andi
Berkat Fitur Keselamatan, Pebalap F3 ini Lolos dari Keelakaan Fatal  

MOBITEKNO – Siapa yang bisa menduga sebuah kecelakaan di arena balap sesungguhnya? Baru-baru ini fitur keselamatan pada mobil Formula 3 benar-benar diuji. Ameya Vaidyanathan, pebalap asal India masih berdiri dan berjalan dengan baik setelah sebuah kecelakaan fatal terjadi pada mobil balapnya di race pertama kejuaraan Formula 3 yang berlangsung akhir pekan kemarin di Oulton Park, Inggris.

Kejadian ini membuktikan bahwa hanya kecelakaan sebenarnya yang bisa membuktikan penerapan standar keselamatan di dunia motorsport. Tidak seperti crash test dalam simulasi pengujian, kecelakaan di sirkuit ternyata membawa banyak faktor tidak terduga yang kadang tidak terlihat dalam pengujian di pusat penelitian para tim pabalap. Inilah sebabnya, mengapa para engineer di dunia motorsport, terutama balapan open wheel, benar-benar memperhitungkan setiap hal secara detail untuk menguji fitur keamanan dalam sebuah mobil balap. Tujuannya, agar pebalap sebagai pengemudi bisa lolos dari kecelakaan paling fatal sekalipun.

Di balapan Formula 3 kemarin, pebalap Ameya Vaidyanathan sedang melaju berdampingan dengan pebalap Afrika Selatan, Sisa Ngebulana. Namun, karena menjelang tikungan ruang untuk Ngebulana terlalu sempit, ban mobilnya sempat bersentuhan dengan ban mobil balap Vaidyanathan. Akibatnya, mobil Formula 3 pebalap India tersebut terpental dan melayang bebas berputar di udara dan akhirnya jatuh di sisi tikungan berikutnya.

“Ngebulana memiliki ruang yang terbatas untuk keluar dari tikungan pertama dan posisinya sedang berdampingan, wheel-to-wheel. Sayangnya, ban kami akhirnya bersentuhan dan setelah itu pandangan saya langsung terganggu,” kata Vaidyanathan seperti dikutip dari Carscoops. “Saya merasa ada beberapa hantaman ke arah saya dan tidak tahu darimana atau ke arah mana beberapa objek tersebut berasal,” tambah pebalap India tersebut.

Perlombaan seketika itu langsung berstatus Red Flag dan para marshal menuju tempat kejadian untuk mengamankan dan menyelamatkan pebalap. Namun, sepertinya tidak terjadi hal yang membahayakan pada diri pebalap karena Vaidyanathan tampak berjalan dengan baik tanpa terlihat cedera.

“Saya sangat berterimakasih kepada semua orang di tim saya yang sudah menyediakan mobil yang tangguh. Saya juga berterima kasih ke pada semua orang yang terlibat dalam kejuaraan tersebut dan dukungan mereka kepada saya,” tutup pebalap berusia 19 tahun tersebut.

Tags: , , , ,


COMMENTS