December 31, 2015

Hingga Akhir Desember 2015 Jaringan 4G Milik XL Sudah Rambah 35 Kota di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Hingga Akhir Desember 2015 Jaringan 4G Milik XL Sudah Rambah 35 Kota di Indonesia  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk (XL) terus memperluas layanan 4G LTE ke berbagai wilayah, baik di Jawa maupun luar Jawa. Hingga pekan terakhir Desember 2015, tercatat sudah sekitar 35 kota kota di Tanah Air terlayani. Perluasan wilayah layanan 4G LTE yang dimiliki XL juga dilakukan tanpa mengabaikan kualitas layanannya.

Lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com, Yessie D. Yoseta selaku Chief Service Managemen Officer XL mengatakan bahwa perluasan wilayah layanan 4G LTE milik XL dilakukan sesuai rencana dan strategi yang matang. Karena itu, ketika jaringan 4G sudah hidup di satu kawasan, pelanggan dan masyarakat di sana juga sudah bisa mendapatkan serta mengganti Sim Card 4G, juga membeli paket bundling ponsel 4G.

"Perluasan layanan 4G LTE yang kami lakukan tidak asal cepat. Kami juga menyediakan layanan 4G LTE di setiap wilayah berbarengan dengan penyediaan ekosistemnya. Dengan begitu, konsumen atau masyarakat setempat dapat dengan mudah mengganti Sim Card 4G atau membeli smartphone 4G LTE yang dijual sepaket dengan perdana 4G XL," ujar Yessie.

Di Sumatera, layanan 4G LTE XL sudah bisa diakses di Batam, Medan, Deli Serdang, Palembang, Banyu Asin dan Pekanbaru. Di Kalimantan sudah menjangkau Banjarmasin dan Banjarbaru. Di Sulawesi, ada di Manado dan di Bali 4G LTE XL sudah bisa diakses di Denpasar dan Badung. Nusa Tenggara Barat ada di Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara.

Di Jawa Timur, 4G LTE milik XL sudah menjangkau Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Pacitan. Jawa Barat ada di Cirebon, Cimahi, Purwakarta dan Sumedang. Di Jawa Tengah, sudah bisa diakses di Pekalongan, Batang, Banyumas,Tegal, Brebes, Purwokerto, dan Solo. Di Jakarta dan sekitarnya, layanan internet cepat ini sudah ada di Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi.

Jika dilihat dari kota-kota di atas, tidak semuanya adalah kota besar atau ibukota provinsi. Ada kota-kota kecil yang memiliki sisi straregis bagi XL, misalnya selama ini memang sudah menjadi daerah dengan mayoritas pengguna layanan seluler merupakan pelanggan XL, misalnya Madura dan Lombok. Pertimbangan lain dalam memilih prioritas suatu area adalah berdasarkan permintaan pelanggan yang tinggi.

Seiring dengan terus bertambahnya wilayah layanan 4G LTE XL, bertambah pula infrastruktur yang telah dibangun. Tercatat tidak kurang sekitar 3 ribuan BTS 4G hingga pekan terakhir Desember 2015 dibangun oleh XL. Di tahun 2016, XL akan terus memperluas layanan internet cepat 4G LTE di banyak kota di Indonesia, seperti Makassar, Semarang, Malang, dan kota-kota besar lainnya di luar Jawa.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS