August 31, 2015

Isuzu Mu-X, SUV 7 Seater yang Layak Dipertimbangkan

Penulis: Angga Ramadhan
Isuzu Mu-X, SUV 7 Seater yang Layak Dipertimbangkan  

MOBITEKNO – Selama lebih dari 2 dekade, Isuzu terkenal akan produk andalannya yaitu Isuzu Panther. Mobil ini juga yang membuat image mesin diesel melekat erat di benak masyarakat Indonesia. Apalagi ditambah dengan slogan “Isuzu rajanya diesel”. Slogan ini semakin menegaskan bahwa Isuzu merupakan pabrikan yang memiliki spesialisasi mesin diesel.

Namun ketika Isuzu Panther dihentikan produksinya beberapa saat yang lalu, praktis Isuzu tidak memiliki jagoan dalam menghadapi pasar mobil penumpang di Indonesia. Untunglah tidak lama berselang Isuzu mendatangkan Isuzu Mu-X sebagai senjata barunya.

Di ajang IIMS 2015 yang baru saja usai, Mobitekno mendapat kesempatan singkat untuk mencoba bagaimana performa dari penerus tahta diesel yang dahulu dipegang oleh Isuzu Panther. Masuk ke dalam kabin, jajaran panel instrumen yang terpampang di depan pengemudi langsung menarik perhatian karena desainnya sangat elegan. Desain ini membuat Mu-X tidak terasa seperti mobil Jepang.

Kualitas material yang digunakan juga meningkat jauh lebih baik dibandingkan dengan Isuzu Panther, walaupun wood panel yang terpasang di door trim masih terbuat dari bahan plastik. Fitur yang tersedia di dalam kabin terlihat cukup lengkap. Mulai dari sistem pengontrol AC sudah digital, jok kulit dengan pengaturan elektrik, sampai dengan keyless entry ada di mobil ini.

Kabinnya sendiri memiliki ruang yang cukup lega. Penumpang setinggi 180 sentimeter dapat dengan mudah memasuki jok baris ketiga dan duduk nyaman. Hal ini karena legroom pada baris ketiga jauh lebih lapang dari merek lain yang sejenis dengan Isuzu Mu-X.

Selanjutnya nyalakan mesin. Masih sedikit terdengar bunyi khas mesin diesel di dalam kabin walaupun getarannya sudah lebih halus dibandingkan Isuzu Panther. Hal ini berkat kualitas peredaman di kabin didesain cukup baik sehingga getaran khas mesin diesel tidak mampu menembus ke dalam.

Akselerasinya sendiri sangat baik, bunyi siulan khas mesin berturbo muncul ketika tacometer menyentuh angka 1500 RPM. Di putaran tersebut, badan Anda akan terhempas ke belakang. Sangat mudah untuk membuat ban belakangnya mendecit akibat besarnya torsi yang ada dalam mobil ini. Pengeremannya sendiri sangat meyakinkan karena dilengkapi dengan rem cakram di keempat rodanya dan dibantu dengan sistem pengereman ABS, EBD+BA sehingga tidak terdapat keraguan sama sekali untuk menghentikan kendaraan berbobot hampir 2 ton ini.

Ketika diajak berbelok tajam terasa sedikit limbung. Namun, ini dapat dimaklumi karena besarnya bobot yang dimiliki Isuzu Mu-X. Kemudi terasa sedikit berat untuk diajak bermanuver. Akan tetapi, ini sebuah hal yang positif karena membuat feedback dari setir sangat terasa dan membuat pengemudi lebih percaya diri. Adanya electronic stability control atau ESC dan juga traction control system atau TCS semakin menambah keyakinan pengemudi ketika mobil ini diajak bergerak lincah. Fitur tersebut menjadi nilai tambah yang sangat positif untuk segi keamanan berkendara.

Bantingan suspensi sendiri bisa dibilang nyaman karena mampu meredam setiap guncangan yang diakibatkan oleh rintangan jalanan buatan yang terdapat di arena Parade Test Drive. Secara keseluruhan, Isuzu sukses memilih penerus dari Panther sekaligus membuat standar baru di kelas 7 seater SUV seharga Rp 400 jutaan.

Fitur lengkap, tenaga mesin yang kuat, dan sistem keselamatan yang lengkap membuat Isuzu Mu-X bisa menjadi kendaraan yang layak untuk dipertimbangkan.

Tags: , , , ,


COMMENTS