July 31, 2015

Selesaikan Masalah Bangsa, Jokowi Tantang Developer Indonesia Melalui Hackathon@Istana

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Selesaikan Masalah Bangsa, Jokowi Tantang Developer Indonesia Melalui Hackathon@Istana  

MOBITEKNO – Kantor Staf Presiden dan komunitas Code4Nation mengajak seluruh developer dan hacker Indonesia untuk turut serta memikirkan masalah bangsa bersama pemerintah. Caranya adalah dengan membuat aplikasi yang berkaitan dengan tema besarnya "Pemantauan harga komoditas, terutama bahan pokok, di setiap titik distribusinya"

Hackathon@Istana sebenarnya merupakan ide dari Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures, saat pertemuannya dengan Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Pandjaitan.

Dikutip dari Tech in Asia, ide ini pun berkembang menjadi inisiatif setelah Willson bertemu dengan Ainun Najib dan Khairul Anshar dari komunitas Code4Nation. Mereka pun akhirnya bersepekat untuk melakukan inisiasi yang akhirnya disebut sebagai Hackathon@Istana bersama Kantor Staf Presiden.

Komunitas Code4Nation.org selama ini diketahui telah cukup banyak berkontribusi, dengan keahliannya di bidang teknologi informasi tentunya, dalam memecahkan berbagai permasalahan nasional.

Sebut saja kontribusinya dalam gerakan, seperti kawalpemilu.org, kawalmenteri.org, atau kawalpemilukada.org yang terbukti cukup ampuh membantu pemerintah melakukan fungsi pengawasan dengan merangkul masyarakat.

Terbentuknya Code4nation.org dilandasi oleh harapan pendiri agar komunitas ini menjadi wadah pemersatu para developer dan talenta individu lainnya di Indonesia yang peduli dengan bangsa untuk berkolaborasi secara lebih baik.

Atas dasar kolaborasi pula, Code4nation.org ingin agar pemerintah dan masyarakat saling berkolaborasi untuk mengumpulkan data, agar hasilnya lebih akurat, efektif dan efisien. Apabila data yang diperoleh akurat, maka kebijakan pemerintah pun seharusnya menjadi lebih terarah.

Berkaitan dengan masalah bahan pokok, pemerintah saat ini memerlukan data terkini dan akurat agar bisa mengambil kebijakan yang tepat dan terarah. Kebijaksaan tepat dan terarah diharapkan bisa mengontrol harga bahan pokok di masing-masing titik distribusinya.

Tujuan Hackathon@Istana kali ini adalah mencari solusi terbaik dalam pengumpulan data yang cepat dan akurat pada masing-masing titik distribusi bahan pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Perlu ditekankan di sini, masing-masing bahan pangan mempunyai karakteristik distribusi yang berbeda-beda, sehingga solusi yang diinginakan sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik bahan pangan yang dipilih.

Bagi para developer yang tertarik bergabung di ajang Hackathon@Istana yang berlangsung selama dua hari ini (22 – 23 Agustus 2015) di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Jakarta bisa mendaftar timnya di alamat hackathonistana.code4nation.org.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS