July 30, 2015

Ingin Cicipi Windows 10? Ini Janji Microsoft pada Fitur Andalannya

Penulis: Eko Lannueardy
Ingin Cicipi Windows 10? Ini Janji Microsoft pada Fitur Andalannya  

MOBITEKNO – Menjelang akhir Juli 2015 ini, Microsoft sudah secara resmi merilis sistem operasi terbarunya, Windows 10. Hadir di 190 negara, termasuk Indonesia, Microsoft menegaskan bahwa sistem operasinya ini sebagai free upgrade untuk pengguna yang sebelumnya sudah memakai Windows 7 dan Windows 8.1 original.

Bahkan, Microsoft menjanjikan bahwa sistem operasi terbarunya ini memiliki beragam keunggulan dan kemampuan untuk memberikan pengalaman personal bagi penggunanya. Penasaran fitur-fitur apa yang menjadi keunggulan Windows 10 ini?

Pertama adalah kehadiran Cortana, asisten digital yang lebih personal. Hadir pertama kali di Windows Phone dan akan berada di seluruh perangkat berbasis Windows 10, Cortana diklaim mampu membantu para penggunanya untuk melakukan berbagai hal. Sebagai contoh, Cortana bisa diminta untuk mencari informasi dengan cepat atau mempelajari preferensi pengguna.

Windows 10 juga kembali menghadirkan Menu Start dan Live Tiles. Mengikuti jejak Windows 8.1, pengguna dapat langsung update terbaru dari orang-orang yang dicintainya melalui Live Tiles. Menu Start yang dicintai oleh semua pengguna Windows 7 juga kembali dimunculkan sehingga sistem operasi ini semakin familiar bagi pengguna.

Tak kalah menarik adalah dukungan Voice, Pen dan Gesture. Di sini, Microsoft akan lebih memperlihatkan inovasinya bahwa pengguna akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan Windows 10. Secara alami, semua perangkat yang mengadopsi Windows 10 dapat menerima intruksi via suara, pen dan gesture tubuh pengguna.

Microsoft juga menepati janjinya untuk menyajikan sistem operasi yang lebih produktif. Oleh karena itu, Windows 10 juga dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Tak lupa, sisi kenyamanan dan keamanan juga dipikirkan oleh Microsoft.

Salah satu fitur yang terkait dengan produktivitas adalah kehadiran Microsoft Edge. Kelebihan utama dari fitur ini adalah kemampuannya untuk menggambar, mencoret dan memberikan catatan di halaman website dan pengguna juga bisa langsung share ke sejumlah teman.

Kombinasi feature Ask Cortana dan Edge juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk mencari informasi yang diinginkan. Caranya, highlight frase atau kata yang ingin diketahui, lalu klik kanan. Hasilnya, Cortana akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai frase atau kata tersebut.

Pernah mengalami kesulitan untuk melihat berbagai dokumen di saat bersamaan? Tak perlu khawatir, Microsoft membenamkan feature Multi-doing dan Virtual Desktop. Lewat feature ini, Microsoft menjanjikan bahwa pengguna tak lagi akan kesulitan untuk mengerjakan banyak tugas.

Hadirnya Windows 10 juga memacu Microsoft untuk melakukan perubahan terhadap marketplace miliknya, Windows Store. Kini, tak hanya aplikasi dan game yang dimuat oleh Microsoft ke dalam Windows Store. Pengguna juga bisa menemukan musik dan video sebagai sarana hiburan.

Windows 10 juga menghadirkan berbagai aplikasi bawaan (built-in apps) yang bermanfaat bagi penggunanya. Untuk olah foto, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Photos. Tak hanya itu, Microsoft juga menyisipkan aplikasi lainnya, seperti Maps, Groove, OneNote hingga OneDrive untuk mempermudah file sharing.

Janji lainnya yang diperlihatkan oleh Microsoft ke dalam Windows 10 adalah kemudahan sistem operasi ini untuk terintegrasi dengan perangkat apapun. Menjadikan smartphone atau tablet seperti layar laptop? Anda bisa memanfaatkan feature Continuum.

Para pemiliki Xbox pun akan mendapat menfaat dengan kehadiran Windows 10. Kini, para gamer dapat memanfaatkan perangkat berbasiskan Windows 10 apapun untuk bermain game. Tak hanya itu, mereka pun bisa memperlihatkan kemampuannya dengan menunjukkan hasil permainan dengan teman-teman mereka.

Dukungan yang tak kalah menarik yang disajikan oleh Microsoft ke dalam sistem operasi ini adalah Microsoft Phone Companion Apps. Aplikasi ini memungkinkan pengguna iPhone, Android serta Windows Phone dapat bekerja secara mudah dan nyaman dengan semua perangkat Windows 10.

Terakhir adalah feature Windows Hello. Untuk pertama kalinya feature ini sengaja dihadirkan oleh Microsoft ke dalam Windows 10. Lalu, apa fungsi feature ini? Windows Hello merupakan sistem keamanan yang membuat pengguna lebih cepat dan nyaman untuk sign-in ke dalam perangkat, yakni hanya dengan scan wajah atau jari (biometric authentication).

 

Tags: , , ,


COMMENTS