December 29, 2015

Ford Berencana Buat Unicycle dari Ban Belakang Mobil

Penulis: Desmal Andi
Ford Berencana Buat Unicycle dari Ban Belakang Mobil  

MOBITEKNO – Kendaraan yang multifungsi memang dapat menjadi solusi transportasi di masa yang akan datang. Hal ini sudah mulai dipikirkan banyak oleh perusahaan-perusahaan pembuat kendaraan modern. Ford juga memikirkan hal tersebut.

Belum lama ini, Ford Global telah mematenkan beberapa teknologi terbarunya yang dapat membuat sebuah mobil Ford Focus bertransformasi menjadi sepeda motor beroda satu. Paten yang didaftarkan ini tidak hanya untuk teknologinya saja, tetapi juga semua kelengkapan untuk hal tersebut, termasuk bagian unicycle-nya yang terpisah dan dapat disimpan di bagasi.

Berbeda dengan unicycle lainnya, unicycle buatan Ford ini memanfaatkan satu ban belakang mobil. Ban ini akan menjadi salah satu bagian mobil yang dapat dilepas-pasang dengan mudah. Sementara rangka (unicycle) yang telah dilengkapi dengan motor penggerak dapat disatukan dengan mudah dengan ban tersebut sehingga dapat dijadikan alat transportasi saat mobil sedang berhenti atau parkir.

Motor penggerak yang ada di rangka ini digerakkan oleh tenaga listrik yang sudah terintegrasi dengan ban mobil. Motor inilah yang menjadi andalan motor roda satu dari Ford ini untuk bermanuver di jalan-jalan yang tidak bisa dilalui mobil. Ide ini cukup menarik untuk solusi transportasi masa datang. Tampaknya, konsep kendaraan multifungsi seperti yang ada di Batmobil bisa menjadi kenyataan di msaa depan.

Sumber: mashable

Tags: , , ,


COMMENTS