October 29, 2015

XL Janjikan Uji Coba Balon Google di Indonesia Tahun Depan

Penulis: Eko Lannueardy
XL Janjikan Uji Coba Balon Google di Indonesia Tahun Depan  

MOBITEKNO – Tak perlu menunggu lama, uji coba Project Loon besutan Google akan diboyong oleh XL ke Indonesia pada tahun 2016 nanti. Setidaknya hal ini ditegaskan langsung oleh Presiden Direktur XL, Dian Siswarini saat penandatangan nota kesepahaman bersama Google di Mountain View, California, Amerika Serikat, Rabu (28/10).

"Masa percobaan Project Loon direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2016, dan pelaksanaan komersialisasi akan memakan waktu 2 hingga 3 tahun. Selanjutnya, XL juga akan terus melakukan evaluasi terhadap potensial pasar dari penyediaan layanan Project Loon ini di Tanah Air," ujar Dian.

Teknologi yang ditawarkan ini akan lebih sesuai untuk diterapkan di luar Jawa di mana banyak area masih belum terlayani internet secara maksimal oleh semua operator. XL juga menjanjikan akan terus konsisten mengembangkan teknologinya untuk dapat menjangkau lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Ditambahkan oleh Dian, Project Loon juga akan mendukung visi XL dalam menyiapkan masyarakat menuju era digital. Melalui implementasi akses internet cepat dan inovasi berbagai layanan data, XL mencoba menunjukkann sekaligus mengedukasi masyarakat atas manfaat besar layanan digital dalam mendukung peningkatan produktivitas.

Project Loon adalah program yang digagas oleh Google untuk menyebarkan koneksi internet di daerah-daerah terpencil yang tak terjangkau oleh koneksi internet via kabel maupun sinyal dari operator selular. Layaknya pemancar, Project Loon akan menggunakan balon udara tenaga matahari yang akan mengudara di ketinggian sekitar 20 km di atas permukaan laut.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS