October 29, 2015

Jalin Kerjasama dengan Google, XL Akan Boyong Project Loon ke Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Jalin Kerjasama dengan Google, XL Akan Boyong Project Loon ke Indonesia  

MOBITEKNO – PT XL Axiata (XL) terus berkomitmen untuk mendukung memajukan Indonesia melalui penggunaan layanan internet dan digital, tak terkecuali di wilayah terpencil di Tanah Air. Terkait dengan itu, XL menyambut inisiatif kerjasama dengan Google dalam "Project Loon".

Disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini dan Vice Presiden Project Loon – Google, Mike Cassidy, menandatangani nota kesepahaman di Mountain View, California, Amerika Serikat, Rabu (28/10).

Dian menegaskan bahwa akses informasi menjadi salah satu kunci kemajuan di era digital saat ini. XL melihat ini sebuah kesempatan untuk bisa mengatasi hambatan geografis wilayah Indonesia melalui Project Loon. "Untuk itu kami menyambut baik kerjasama untuk uji coba ini."

Hal senada juga ditegaskan oleh Mike Cassidy dan ia mengatakan bahwa kerjasama dengan XL Axiata tentunya disambut gembira oleh Google. "Uji coba ini merupakan langkah penting untuk membawa Indonesia menjadi lebih online, dan bersama-sama, kami berharap dapat mmenjangkau puluhan juta orang-orang yang saat ini tidak memiliki akses ke jaringan internet."

Project Loon adalah program yang digagas oleh Google untuk menyebarkan koneksi internet di daerah-daerah terpencil yang tak terjangkau oleh koneksi internet via kabel maupun sinyal dari operator selular. Layaknya pemancar, Project Loon akan menggunakan balon udara tenaga matahari yang akan mengudara di ketinggian sekitar 20 km di atas permukaan laut.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS