September 29, 2015

Mantan CEO VW Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Penulis: Desmal Andi
Mantan CEO VW Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun  

MOBITEKNO – Martin Winterkom, mantan CEO Volkswagen baru saja mengundurkan diri dengan mengantungi uang pensiun sebesar US$ 32 juta. Namun, tampaknya masa pensiun Winterkom bisa terasa tidak nyaman. Jaksa wilayah di kota Braunschweig (dikenal juga dengan Brunswick) berencana menginvestigasi mantan orang nomer 1 di Volkwagen dengan kasus emisi gas buang pada mobil diesel Volkswagen.

Investigasi ini akan dijalankan berdasarkan laporan yang masuk. Para pengacara setempat ingin mengetahui apakah Winterkom melakukan penipuan atau tidak dengan kasus emisi ini. Jika terbukti bersalah, Winterkom bisa dituntut dengan ancaman hukuman penjara hingga 10 tahun.

Namun, proses ini masih dalam tahap awal. Winterkom masih jauh dari pemanggilan jaksa dan masih terhindar di kursi ruang sidang. Bahkan para pengacara juga belum melakukan berbegai pertanyaan mengenai kasus yang menimpa Winterkom.

Di Jerman, orang bebas untuk mengajukan pengaduan pidana. Dari aduan ini, jaksa dapat bertindak untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Menurut Associated Press, di Braunschweig sendiri telah menerima sekitar 12 pengaduan pidana dan kasus Volkswagen merupakan salah satu diantaranya.

Seperti diketahui bersama, Winterkom langsung mengundurkan diri dari jabatannya di Volkswagen sehari setelah ia mengumumkan permintaan maafnya melalui video mengenai tindak kecurangan di Volkswagen. Tidak lama setelah itu, mantan bos Porsche, Matthias Muller langsung menggantikan posisinya di Volkswagen. Matthias Muller mendapatkan tugas berat untuk memulihkan nama baik Volkswagen di mata para konsumennya. Oleh sebab itu, ia dan dewan direksi pun langsung melakukan perombakan besar-besaran pada beberapa divisi di Volskwagen.

Sumber: autoblog

Tags: , ,


COMMENTS