August 29, 2015

Merasakan Ketangguhan Toyota Grand New Avanza di IIMS 2015

Penulis: Angga Ramadhan
Merasakan Ketangguhan Toyota Grand New Avanza di IIMS 2015  

MOBITEKNO – Ketatnya persaingan di segmen low mpv membuat Toyota tak ingin terjebak di zona nyaman dengan produk terlarisnya yang paling fenomenal. Pada gelaran IIMS 2015 kali ini melali BCA Finance, Toyota menampilkan Toyota Grand New Avanza yang diluncurkan seminggu menjelang pembukaan IIMS 2015. Perubahan paling kentara terlihat pada eksteriornya. Grille besar mendominasi tampilan depannya. Sementara headlamp mengingatkan akan Toyota Vios. Bagian buritan sendiri mendapat sentuhan garnish dan tambahan tampilan pada lampu rem.

Masuk ke dalam kabin, tidak banyak hal baru di interior. Perubahan paling mencolok terdapat pada warna. Jika pada Avanza sebelumnya interior memiliki warna hitam atau beige, kali ini dominan berwarna coklat sehingga sedikit menambah aura elegan. Jok tengah dan jok belakang sekarang semua dapat dilipat 50:50 sehingga menambah kepraktisan saat Anda harus memuat banyak barang ke dalam kabin.

Jok tengah pun sudah memiliki isofix sehingga memudahkan Anda memilih child seat untuk buah hati tercinta. Kini, Avanza memiliki indikator baru yang memberitahu jika sabuk pengaman penumpang depan belum terpasang. Panel instrumen juga mendapat sentuhan desain baru yang terlihat lebih dinamis. Sisanya sama persis dengan Avanza sebelumnya. Kualitas material kabin terutama di bagian peredam kini hadir dengan kualitas yang lebih baik sehingga suara mesin menjadi lebih senyap. 

Di Grand New Avanza ini, Toyota memberikan mesin jenis baru yang sudah dual VVTI. Mesinnya mendapatkan perubahan berupa tambahan pengaturan katup variable di katup buang sehingga menambah tingkat efisiensi bahan bakar. Kali ini mobitekno berkesempatan mencoba Toyota Grand New Avanza varian G dengan transmisi manual di area Parade Test Drive IIMS 2015. Tipe ini sepertinya akan menjadi tipe terlaris yang akan banyak diboyong untuk kebutuhan mobil operasional perkantoran maupun armada industri penyewaan mobil.

Nyalakan mesin, dan masukkan transmisi ke gigi 1, mobil perlahan merayap. Saat menginjak pedal gas, terasa sedikit kurang respon. Hal ini terjadi karena Grand New Avanza sudah menggunakan drive by wire. Teknologi ini membuat bukaan katup gas tidak langsung merespon dari injakan pedal gas, tetapi dihitung dahulu melalui ECU.

Kopling terasa lembut dan tidak membuat cepat lelah saat menemui kemacetan. Injak penuh pedal gas, akselerasinya cukup bagus, tetapi didak jauh berbeda dengan Avanza lama. Ketika menikung cepat, gejala mengayun masih terasa walaupun mungkin hal ini dikarenakan lembutnya suspensi ketika menemui jalan yang tidak rata sehingga penumpang tetap merasa nyaman di dalam mobil. 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS