August 29, 2015

Melalui IIMS 2015, Zero Motor Mulai Lirik Pasar Motor Indonesia

Penulis: Angga Ramadhan
Melalui IIMS 2015, Zero Motor Mulai Lirik Pasar Motor Indonesia  

MOBITEKNO – Zero Motor, pabrikan sepeda motor asal Amerika Serikat yang khusus memproduksi sepeda motor listrik kini mulai melirik pasar motor di Indonesia. Saat ini Zero Motor memproduksi sepeda motor berjenis sport bike ataupun superbike yang cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari di jalan raya.

Dalam ajang IIMS 2015, Zero Motor turut tampil dengan dengan memboyong seluruh line up yang mereka miliki. Di booth mereka, terlihat Zero FX yang dibanderol 180 juta rupiah sampai ke model paling mahal mereka yaitu Zero SR seharga 300 juta rupiah yang memiliki performa setara dengan superbike. Walau bertenaga listrik,  motor ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,3 detik.

Menurut Tubagus Norman dari Zero Motor, semua motor yang dimiliki ZERO Motor memang dirancang sebagai motor kencang yang digunakan untuk penggunaan harian. Berbeda dengan superbike yang bermesin konvensional dimana ketika digunakan di situasi macet panas mesin berpotensi membuat mesin overheat. Namun, Zero Motor berbeda karena tetap nyaman digunakan di situasi macet sekalipun. Selain itu, motor ini juga sangat ekonomis untuk digunakan harian karena tidak perlu memikirkan biaya bensin.

Jarak tempuh yang dimiliki semua motor Zero juga cukup mengagumkan. Jika baterai terisi penuh, motor besutan Zero bisa menempuh jarak mulai dari 56 kilometer sampai yang terjauh 298 kilometer. Untuk mengisi penuh baterainya juga sangat praktis. Cukup koneksikan charger ke stop kontak dan tinggalkan motor anda selama 4 sampai 10 jam tergantung model dan kapasitas baterai.

Jika anda meninggalkan motor terlalu lama dalam kondisi charging, anda tidak perlu khawatir karena setiap motor dilengkapi dengan BMS atau Battery Management System yang mencegah baterai mengalami overcharge dan mengurangi umur baterai. Zero sendiri menjamin bahwa baterainya dapat digunakan sampai sejauh 127.000 kilometer untuk model Zero FX dan 546.000 kilometer untuk Zero SR. Setelah menempuh jarak tersebut Anda masih dapat menggunakan motor seperti biasa, tetapi performanya menurun sebesar 20%.

Untuk pelayanan kepada konsumennya, Zero juga memberikan garansi selama 5 tahun atau 161.000 kilometer untuk baterai dan 2 tahun untuk motor penggeraknya. Sementara untuk urusan perawatan, konsumen tidak perlu khawatir. Zero motor akan menjemput motor anda dan melakukan servis berkala dimana servis tersebut meliputi pengecekan system direct gear, pengecekan minyak dan kampas rem, dan general scanning. Setelah itu, motor akan dikembalikan ke konsumen.

Selain itu konsumen juga akan mendapatkan Complete Maintenance Coverage atau CMC dimana seluruh biaya servis sudah termasuk harga beli yang berlaku selama 5 tahun dari sejak pembelian. Jadi, konsumen hanya perlu mengeluarkan biaya untuk penggantian ban dan juga kampas rem.

Tags: , , , , ,


COMMENTS