July 29, 2015

OnePlus 2: Flagship Killer Generasi Kedua Ini Tersedia dalam Dua Model

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
OnePlus 2: Flagship Killer Generasi Kedua Ini Tersedia dalam Dua Model  

MOBITEKNO – Setelah membocorkan beberapa spesifikasinya satu demi satu menjelang hari peluncurannya, smartphone OnePlus 2 berjulukan flagship killer ini akhirnya dirilis resmi hari ini, Selasa (28/7/2015).

Agar berkesan kreatif dan ‘kekeluargaan’ di mata fans OnePlus di seluruh dunia, seperti kata Carl Pei, salah satu pendiri (co-founder) OnePlus, acara peluncuran OnePlus 2 disajikan dalam format live streaming VR. Peluncuran produk smartphone secara live streaming VR bisa dikatakan yang pertama di dunia.

Namun, siapa pun yang ingin menonton acara peluncuran ini harus menyiapkan cardboard VR atau headset/goggle VR lainnya yang dipasangkan dengan smartphone yang telah di-install dengan aplikasi VR Android khusus (tidak tersedia untuk platform lainnya).

Berhubung beberapa spesifikasi OnePlus 2 (chip/SoC, RAM, sensor sidik jari, USB Type-C, ukuran layar) sudah dibocorkan sebelumya oleh OnePlus, mungkin tidak banyak lagi tersisa spesifikasi lainnya yang cukup menarik bagi kosumen.

Satu hal yang mungkin menarik adalah harga jual resminya yang sebenarnya juga sudah sedikit dibocorkan Pete Lau, CEO OnePlus di awal bulan ini. Pete sudah menyatakan bahwa harga jual OnePlus 2 akan berada di bawah US$ 450.

Seperti pepatah, mempertahankan adalah lebih sulit daripada merebut, bagi OnePlus, mengembangkan OnePlus 2 sebagai penerus OnePlus One yang sukses terjual lebih dari sejuta unit dan sempurna di mata fansnya dari seluruh dunia bukanlah perkara mudah.

Carl Pei yang kerap mengandalkan jasa layanan penginapan AirBnB dan jasa transportasi Uber saat menjalankan tugasnya di berbagai kota di dunia ini mengatakan bahwa mereka harus melakukan revisi desain produk hingga seratus kali hingga sampai ke produk akhir OnePlus selama 460 hari waktu pengembangannya.

Kini, sang flagship killer generasi kedua telah resmi diumumkan. OnePlus 2 model pertama (RAM 3 GB dan internal storage 16 GB) akan dijual seharga US$ 329 atau lebih mahal sekitar US$ 30 dari OnePlus One versi 16 GB. Sedangkan OnePlus model kedua (RAM 4 GB dan internal storage 64 GB) akan dijual seharga US$ 389 (sekitar Rp 5,4 juta).

Menurut pihak OnePlus, selain perbedaan tersebut, kedua model memiliki spesifikasi sama, antara lain layar IPS LCD In-Cell 5.5 inci (Full-HD/1080p), chip/SoC Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 v2.1 (Quad-core Cortex-A53 & Quad-core 1.8 GHz Cortex-A57) yang lebih adem.

Selain menggunakan chipset yang sudah banyak digunakan di smartphone flagship lain, RAM yang dipilih juga merupakan jenis LP-DDR4 yang lebih hemat daya dibandingkan LP-DDR3. Spesifikasi yang layak diperhatikan lainnya adalah kamera utama (rear camera) 13 MP dengan feature OIS, laser focus, two-tone flash, selfie camera 5 MP, dual slot nano SIM, dan baterai non-removable Li-Po 3300 mAh, 

Teknologi kamera OnePlus 2 kini lebih disempurnakan OnePlus meski masih pada level megapixel yang sama dengan seri terdahulunya, OnePlus One. Perbedaannya ada pada jenis sensor. Apabila OnePlus One menggunakan image sensor Sony IMX214 berukuran 1,1 µm (micrometers) light-collecting pixel, pada OnePlus 2 digunakan image sensor OmniVision berukuran 1,3 µm.

Salah satu keuntungan image sensor yang berukuran lebih besar adalah kemampuannya yang lebih andal dalam melakukan pemotretan di kondisi minim cahaya. Selain itu, kamera belakang dengan image sensor OmniVision 13 MP ini pun dilengkapi dengan enam lensa fisik dengan aperture (bukaan) f/2.0.

Agar selalu dapat menghasilkan foto yang tajam, kamera OnePlus 2 juga dilengkapi dengan sistem OIS (Optical Image Stabilization) dan teknologi laser yang mempercepat proses fokus hingga hanya 0,33 milidetik. Khusus penggemar selfie, kamera depan 5 MP telah mendukung fasilitas wide-angle agar cakupan sudut objek lebih luas.

Kemampuan canggih kamera OnePlus 2 ini akan memposisikannya masuk ke dalam persaingan baru dengan kamera jagoan lain yang ada di smartphone, seperti iPhone 6/6 Plus, Samsung Galaxy S6, LG G4, atau Lumia 1020.

Salah satu feature OnePlus 2 yang mungkin akan banyak digunakan smartphone flagship lainnya nanti adalah kehadiran kabel data/power dengan konektor microUSB 2.0 Type-C yang anti-terbalik pada kedua ujungnya. Selain kabel tersebut, OnePlus juga menyediakan adapter Type-C khusus untuk dipasangkan pada kabel dengan konektor microUSB standar (non-Type-C) agar bisa kompatibel dengan OnePlus 2.

Tidak kalah menariknya adalah tombol (bukan tombol fisik) di bagian bawah layar yang telah dilengkapai sensor capacitive fingerprint. OnePlus mengklaim sensor sidik jarinya lebih cepat dari sensor sidik jari Touch ID pada iPhone 6/6 Plus. Tombol lainnya yang juga menarik adalah alert slider yang menyediakan tiga pilihan profil notification tanpa harus mengeluarkan smartphone dari dalam kantong.

Selain sarat dengan feature internal canggih, OnePlus juga tidak melupakan bagian eksteriornya. Rangka OnePlus 2 terbuat dari bahan aluminium-magnesium alloy yang telah diberi sentuhan aksen stainless steel.

Khusus untuk backcover-nya, disebut StyleSwap covers, OnePlus telah menyediakan model, seperti Sandstone Black, Bamboo (bambu asli), Black Apricot (bukan buah aprikot), Rosewood, dan Kevlar.

Hal baru lainnya yang diusung OnePlus 2 adalah sistem operasi khususnya, OxygenOS, yang berbasiskan Android 5.1. Sejak berpisah dengan pengembang Cynaongen, kehadiran CyanogenMod pada OnePlus 2 pun sirna, kecuali dengan modifikasi manual (non-pabrik).

Terakhir yang menjadi perhatian konsumen adalah sistem undangan agar bisa membeli OnePlus 2. Kali ini, pihak OnePlus menjanjikan sistem undangan yang lebih bersahabat atau lebih gampang dibandingkan sistem terdahulu.

Sebagai kehormatan pertama, konsumen di AS, Kanada, India, EU, dan Cina akan bisa mulai menerima undangan pada tanggal 11 Agustus 2015. Selanjutnnya, negara-negara di Asia Tenggara, terutama Indonesia akan mendapat giliran beriukutnya di kuartal keempat 2015.

OnePlus merencanakan kampanye globalnya dengan menghadirkan pop-up store/experience, lengkap dengan dukungan staf resmi OnePlus di 9 kota populer di dunia. Kesembilan kota tersebut antara lain, New York, San Francisco, London, Paris, Berlin, Milan, New Delhi, Bangalore, dan tentu saja yang ditunggu-tunggu di Jakarta di akhir Juli ini.

Rencananya, OnePlus Pop-up Experience di Jakarta akan berlokasi di Conclave (Co-working Space), Jl. Wijaya 1 No. 5C, Jakarta Selatan. Di ajang ini, para calon pembeli juga bisa menjajal atau melakukan hands-on product berbagai feature terbaru OnePlus 2 sambil berharap akan mendapat beberapa undangan yang akan disediakan pihak OnePlus.

Jadi, buat seluruh fans smartphone OnePlus di seluruh Indonesia, siapkan waktu dan catat tanggalnya, 31 Juli 2015. Selamat berburu undangan!

 

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS