July 29, 2015

GM Investasi USD 5 Miliar untuk Mobil Baru Chevrolet

Penulis: Elizabeth Swanti
GM Investasi USD 5 Miliar untuk Mobil Baru Chevrolet  

MOBITEKNO – General Motors berencana untuk menghabiskan US$ 5 miliar selama beberapa tahun ke depan untuk mengembangkan berbagai baru city car yang kaya teknologi. Rangkaian city car tersebut, menurut Dan Ammann, GM President, sebagaimana dikutip melalui Autonews, akan dibuat dan dijual melalui merek Chevrolet di Cina, Brasil, India, Meksiko dan pasar negara berkembang lainnya. 

Program ini juga mencerminkan pergeseran dalam cara produsen mobil mendekati pasar negara berkembang, di mana konsumen dan regulator selalu menuntut jenis kendaraan dengan teknologi yang lebih maju. 

Di masa lalu, mobil Barat biasanya dijual di pasar dengan biaya rendah, dengan kerangka yang minimal, atau diproduksi ulang dari versi kendaraan yang telah ada sebelumnya. 

Usaha GM ini, dikatakan Ammann diharapkan dapat meningkatkan skala dan melompat di depan pesaing di pasar untuk mendorong  lebih banyak pertumbuhan global dalam penjualan mobil selama 15 tahun ke depan. 

GM, yang merupakan mitra pengembang arsitektur dan mesin dengan China SAIC Motor Corp, bertujuan untuk memiliki mobil produksi pertamanya pada tahun 2019. Diharapkan, program akhir ini dapat mengantongi penjualan lebih dari dua juta kendaraan per tahun. 

Ammann juga mengatakan GM yakin dapat mengambil keuntungan dari skala ekonomi untuk dapat memproduksi mobil-kaya konten yang dapat dijual dengan harga terjangkau di pasar berkembang namun masih tetap menghasilkan keuntungan yang tepat bagi perusahaan. 

Arsitektur baru GM berencana untuk mengembangkan beberapa baris kendaraan pengganti yang sekarang dijual di luar negeri. Ammann mengatakan hasilnya akan menjadi "konsolidasi signifikan" dari platform dan menyelaraskan dengan usaha GM yang lebih luas untuk menghasilkan hampir semua kendaraan dari hanya empat set kendaraan pada tahun 2025. Saat ini, GM memiliki sekitar 75 persen dari 14 model arsitektur inti. City car yang baru akan diproduksi ddengan gaya arsitektur yang murah dan  mencakup berbagai model yang berbeda. Ammann menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut mengenai model baru city car ini, namun mengatakan GM tidak memiliki rencana untuk menjual salah satu kendaraan tersebut di AS atau Eropa. 

Proyek investasi sebesar US$ 5 miliar bersama SAIC ini merupakan pertama kalinya kedua perusahaan bekerjasama untuk mengembangkan platform bersama. 

Analis memperkirakan produksi global untuk naik ke lebih dari USD 130 juta kendaraan ringan pada 2030, naik dari sekitar USD 90 juta dari tahun lalu. Hampir semua pertumbuhan berasal dari pasar negara berkembang. Sementara, China sendiri diperkirakan tumbuh sekitar 40 juta kendaraan pada tahun 2030.

 

Tags: , ,


COMMENTS