May 29, 2015

Investasi US$ 1 Miliar, Suzuki Bangun Pabrik Baru di Cikarang 

Penulis: Eko Lannueardy
Investasi US$ 1 Miliar, Suzuki Bangun Pabrik Baru di Cikarang   

MOBITEKNO – Suzuki kembali membuktikan dirinya untuk berinvestasi di Indonesia. Hari ini, Jum’at (29/5) lewat PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), salah satu produsen otomotif ternama di Jepang tersebut berinvestasi sebesar US$ 1 miliar dengan membangun pabrik barunya di Kawasan Industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang Pusat – Bekasi, Jawa Barat.

Memiliki fasilitas perakitan mobil, produksi mesin, dan transmisi mobil, pabrik PT SIM merupakan pabrik Suzuki Indonesia yang ke-4. Selain itu, ini juga pabrik perakitan/assembly mobil ke-2 setelah yang ada di Tambun (Tambun Plan 2) dan pabrik produksi mesin/engine transmisi ke-2 yang ada di Cakung (Cakung Plan).

Berdiri diatas tanah seluas 130,7 Hektar dan luas bangunan 11 Hektar, pabrik baru di Cikarang ini merupakan pabrik terluas dan terbesar diantara beberapa pabrik yang dimiliki PT SIM di Indonesia saat ini. Pabrik ini juga memiliki fasilitas dengan berbagai teknologi terkini yang memngikuti standar Suzuki Motor Corporation Japan.

Shuji Oishi, President Director PT SIM dan PT SIS menegaskan bahwa pabrik terbaru PT Suzuki Indomobil Motor di GIIC Cikarang merupakan bukti nyata Suzuki untuk terus berinvestasi di Indonesia. Berdirinya pabrik terbaru ini juga sebagai upaya perusahaan memenuhi kebutuhan industri otomotif untuk pasar nasional dan ekspor.

"Di pabrik baru ini, kami PT SIM akan memenuhi kebutuhan industri otomotif dengan mengembangkan dan menghasilkan produk-produk berkualitas dengan standar global. Nantinya, seluruh produk yang dihasilkan di pabrik ini tak hanya memenuhi kebutuhan pasar nasional, tapi juga untuk kebutuhan ekspor," ujar Shuji.

Pabrik yang menyerap tenaga kerja lebih dari 1000 orang ini memiliki areal yang terbagi menjadi dua bangunan dengan dua proses produksi, yaitu Power Train Production dan Assembly Production. Dengan adanya dua proses produksi dan pemanfaatan teknologi modern, pabrik ini memiliki kapasitas produksi mencapai 106.000 unit.

 

Tags: , ,


COMMENTS