September 28, 2015

Emoji Pasangan Sesama Jenis Apple Menuai Masalah di Rusia

Penulis: Desmal Andi
Emoji Pasangan Sesama Jenis Apple Menuai Masalah di Rusia  

MOBITEKNO – Apple kembali mendapat masalah mengenai emoji yang menggambarkan pasangan sejenis dalam sistem operasi iOS. Kepolisiaan di Rusia sedang menginvestigasi tentang dugaan promosi yang dinamakan “Homosexual Propaganda” melalui emoji yang menggambarkan keluarga dengan orangtua dari pasangan sesama jenis.

Seperti yang dilansir DigitalTrends, kepolisian setempat dari kawasan Kirov membuka penyelidikan ini setelah mendapat laporan dari seorang pengacara mengenai emoji ini yang melaknggar hukum di Rusia tentang pelarangan promosi homoseksual, terutama untuk anak-anak di bawah umur.

Jika Apple sengaja melakukan hal ini dan terbukti bersalah, Apple akan menghadapi denda sebesar US$ 15.260. Produk-produk Apple juga akan dilarang dijual di kawasan Rusia jika Apple belum membayar denda tersebut.

Sebelumnya, pihak kepolisian di Rusia sudah mengeluhkan masalah ini sejak bulan April lalu. Namun, saat ini pihak kepolisian baru berbicara mengenai hal ini. Bahkan, seorang politikus di St Petersburg, Vitaly Milonov sudah meminta badan hak cipta untuk mencekal iOS 8 sampai Apple membuat versi alternatifnya tanpa adanya emoji tersebut.

Tahun lalu, Milonov juga pernah menyarankan agar produk Apple dicekal di Rusia karena CEO Apple, Tim Cook, mengaku dirinya seorang gay. Emoji yang menampilkan pasasngan sesama jenis merupakan emoji official yang sudah mendapatkan persetujuan Unicode Emoji Subcommitee dan diperkenalkan pertamakalinya pada iOS 6. Namun, Apple menambahkan dengan emoji keluarga pada iOS 8.3.

Tags: , , ,


COMMENTS