April 28, 2015

Akankah VW Masuk ke Formula 1?

Penulis: Desmal Andi
Akankah VW Masuk ke Formula 1?  

MOBITEKNO – Pertanyaan ini timbul setela Chairman Volkswagen, Ferdinand Piech mundur dari posisinya. Mundurnya Piech membuka pintu bagi VW untuk ikut ke ajang balap Formula 1.

Seperti yang diinformasikan Crash, Selama ini keberadaan Piech dinilai menghambat keinginan pabrikan mobil Jerman ini untuk ikut dalam Formula 1, walau dalam beebrapa tahun ke belakang VW meraih sukses dalam berbagai hal lainnya. Alasannya Cuma satu, yaitu sikap keras kepala Piech. Piech tidak suka terhadap kehadiran Bernie Ecclestone sebagai bos Formula 1.

Piech mengundurkan diri setelah Chief Executive Volkswagen, Martin Winterkorn mendapat dukungan penuh dari para dewan perusahaan VW. Winterkorn telah menduduki sebagai Head of VW sejak tahun 1993.

Winterkorn telah memegang peran kepala eksekutif selama delapan tahun terakhir. Selama itu, VW sukses mengukir namanya di berbagai kompetisi di luar Formula 1.

Bernie Ecclestone sendiri pernah mengutarakan bahwa ia rela mengundurkan diri dari jabatannya sekarang sebagai bos Formula 1 jika ternyata banyak pabrikan mobil yang masuk ke Formula 1. “Saya akan turun, jika memang Formula 1 dapat membawa banyak orang ke dalamnya’” ujar Bernie saat di interview oleh BBC.

Meskipun informasi ketertarikan VW terhadap Formula 1 masih menjadi tanda tanya, tetapi rumor grup VW akan melakukan kerjasama dengan Red Bull sebagai pemasok mesin terus beredar. Namun, jika ini benar, paling tidak baru bisa dilakukan paling cepat pada tahun 2017.

Tags: , ,


COMMENTS