November 27, 2015

Pangkas Biaya Listrik, Gree Usung AC Komersial Berteknologi Tenaga Surya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pangkas Biaya Listrik, Gree Usung AC Komersial Berteknologi Tenaga Surya  

MOBITEKNO – Sistem pendinginan udara (air-conditioner/AC system) biasanya merupakan pengkonsumsi listrik terbesar pada suatu gedung kantor atau ruang publik lainnya. AC konvensional memang masih bergantung pada energi listrik yang dari tahun ke tahun tarifnya terus meningkat.

Selain biayanya yang mahal, energi listrik juga biasanya dihasilkan dari bahan bakar fosil. Dengan kata lain, penggunaan AC konvensional berdampak tidak langsung pada terjadinya emisi gas rumah kaca, sebagai penyebab meningkatnya efek pemanasan global.

Oleh karena suhu lingkungan semakin panas, banyak industri, rumah tinggal, dan gedung pun mau tidak mau harus menggunakan AC. Dampak jangkapanjang yang harus dihadapi adalah siklus perusakan lingkungan dan krisis energi yang berkelanjutan.

Produsen AC asal Tiongkok yang produknya tersebar di lebih dari 160 negara ini mencoba berkontribusi dalam menurunkan efek pemanasan global. Caranya adalah dengan menghadirkan solusi AC komersial yang berteknologi energi panas matahari (tenaga surya).

Gree, melalui perwakilannya di Indonesia, PT Gree Electric Appliances Indonesia, telah siap dengan jajaran produk AC komersialnya, yaitu seri GMV dengan teknologi Photovoltaic Inverter VRF System dan GMV-5 Home yang memanfaatkan energi panas matahari.

Sekadar informasi, VRF (Variable refrigerant flow) adalah teknologi HVAC (HVAC (heating, ventilating, air conditioning) yang pertama kali ditemukan oleh produsen asal Jepang, Daikin pada tahun 1982. Metode VRF bertujuan menghadirkan DC inverter dalam compressor agar mendukung kecepatan motor secara variabel (bukan hanya ON dan OFF). Efek kecepatan motor tentu saja akan dapat menekan penggunaan energi.

Pemanfaatan energi panas matahari selama ini dianggap belum optimal, terutama untuk sistem pendingin udara (AC). Lini produk AC komersial Gree yang bisa memanfaatkan tenaga surya ini diklaim, bukan hanya bisa menghemat konsumsi listrik pada sisten pendingin, tapi juga dapat menghasilkan air panas secara gratis kepada penggunanya.

Menurut Ethan Wu, CEO PT Gree Electric Appliances Indonesia, “Dengan kondisi zaman yang terus berkembang, Gree dituntut untuk mampu menjaga kesehatan, kenyamanan, efisiensi, hemat energi pada penggunanya, serta ramah terhadap lingkungan,” kata Ethan Wu, CEO PT Gree Electric Appliances Indonesia.

Teknologi Photovoltaic Inverter VRF System memanfaatkan panel surya photovoltaic untuk menyerap energi surya. Teknologi tenaga surya Gree ini memiliki 5 mode pengoperasian, yakni (1) Photovoltaic AC Mode, (2) Photovoltaic AC & Power Generation Mode, (3) Photovoltaic AC & Power Grid Mode, (4) Photovoltaic Power Generation, dan (5) Normal AC Mode.

Kelima mode pilihan ini memungkinkan penggunanya dapat menikmati energi listrik tambahan, sehingga dapat menekan konsumsi energi listrik konvensional yang pada akhirnya berdampak pada penghemat biaya listrik.

Photovoltaic Inverter VRF System didukung oleh serangkaian teknologi Gree agar sistem dapat bekerja lebih optimal. Teknologinya antara lain, MPPT (Maximum Power Point Tracking), PAWM (Pulse Amplitude-Width Modulation), Ternary Converting Tecnology, 3D (indoor, outdoor, dan compressor), dan Smart Control System.

Teknologi Smart Control System memungkinkan AC Gree bisa menganalisis dan menampilkan energi mana yang lebih cocok untuk dioperasikan dan mengatur paket yang paling sesuai, baik energi panas matahari, energi listrik konvensional, atau kombinasi keduanya.

Teknologi yang diusung GMV-5 Home juga memungkinkan AC komersial Gree bisa memanfaatkan energi surya unutk memanaskan air sehingga konsumen pun mendapatkan manfaat ekstra berupa air panas gratis tanpa perlu membeli unit water heater terpisah.

GMV-5 Home pun memberikan kemudahan kontrol dengan sistemnya yang disebut CAN (Controller Area Networks) Bus. Dengan sistem ini, pengguna bisa menyesuaikan suhu di setiap area sesuai dengan kebutuhannya (lebih efisien daya).

Teknologi ini juga membuat sistem AC bekerja tidak berisik melalui dua modenya, yaitu mode sunyi dan mode sangat sunyi (tingkat kebisingan maksimal 45 dB.

“Gree mengombinasikan AC dan pemanas air dalam satu produk berkat teknologi Photovoltaic Inverter VRF System dan GMV5 Home,” ujar Will Wen, VP PT Gree Electric Appliances Indonesia.

AC komersial Gree seri GMV dengan teknologi Photovoltaic Inverter VRF System dan GMV-5 Home sudah tersedia di Indoensia dan dapat dipesan melalui dealer resmi Gree. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung pada spesifikasi yang dibutuhkan suatu lokasi atau gedun. informasi lebih lanjut dapat tersedia di website resmi Gree di www.gree.id.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS