October 27, 2015

Review Lenovo A7000 Special Edition, Penerus A7000 yang Sudah Full HD

Penulis: Desmal Andi
Review Lenovo A7000 Special Edition, Penerus A7000 yang Sudah Full HD  

MOBITEKNO – SmartphoneLenovo A7000 Special Edition baru saja diluncurkan Lenovo Indonesia pada pertengahan bulan September 2015. Generasi penerus A7000 ini tampil dengan spesifikasi yang lebih gahar. Selain peningkatan pada prosesor, A7000 SE juga mengalami peningkatan pada fitur-fiturnya, seperti dukungan resolusi layar dan kapasitas memori internal yang kini lebih besar.

Smartphone berlayar 5,5 inci ini sudah mengadopsi sistem operasi Android Lollipop. Smartphone yang di beberapa negara dikenal juga sebagai Lenovo K3 Note ini dilengkapi juga dengan banyak fitur yang bermanfaat bagi penggunaan sehari-hari, seperti fitur penghemat daya, aplikasi Lenovo Do-It, hingga pendeteksi kekuatan signal operator.

Smartphone ini juga dibekali dengan kamera belakang yang sudah memiliki resolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera belakangnya masih didukung oleh dual flash yang tentu saja dapat membantu pencahayaan pada suasana kurang cahaya. Sementara untuk multimedianya, A7000 Special Edition juga memiliki fitur Dolby Atmos yang bisa menghasilkan kualitas suara di atas smartphone lain yang sejenisnya.

Mengingat penjualan Lenovo A7000 yang meraih sukses hingga meeraih angka market share 27,4 persen di Flash Sale Lazada, Lenovo A7000 Special Edition pun mengikuti langkah yang sama, yaitu dijual juga melalui sistem online Lazada.

Kelengkapan

Seperti kebanyakan smartphone Lenovo lainnya, lenovo A7000 Special Edition juga dikemas dalam sebuah boks yang kompak. Buka segel dan tutup atasnya, Anda sudah dapat melihat unit A7000 Special Edition di bagian atas. Angkat pembatas ruang boks, di bawahnya terdapat aksesori pendukung smartphone.

Lenovo A7000 Special Edition menyediakan juga aksesori lapisan anti gores sehingga setelah paket pembelian sampai ke tangan konsumen, mereka tidak perlu lagi mencarinya di toko-toko aksesori. Walau mmemiliki ukuran layar 5,5 inci, ukuran boksnya tidak terlalu besar.

Selengkapnya, Anda bisa melihat berikut ini, apa saja yang disediakan lenovo dalam kemasan boksnya:

  1. Unit smartphone Lenovo A7000 Spcial Edition
  2. Plastik Anti Gores
  3. Kabel Data USB-MicroUSB
  4. Baterai berukuran 2900 mAh
  5. Adaptor berkaki tiga untuk proses charge
  6. Buku kecil petunjuk penggunaan smartphone
  7. Buku kecil garansi produk

 

Desain

Lenovo A7000 Special Edition memiliki bentuk bodi yang kompak. Sisi-sisinya didesain melengkung untuk kenyamanan penggunaan dan membuat tampilannya lebih terlihat dinamis. Sisi-sisi melengkung ini, menurut Mobitekno, membuat pengguna lebih nyaman saat menggenggamnya. Semua sisi bisa menempel erat pada telapak tangan. Desain ini masih didukung dengan lapisan tutup belakang yang tidak licin sehingga dapat mencegah jatuh atau lepasnya smartphone dari genggaman.

Di sisi kanan, terletak power dan volume. Letak tombol power yang berada di bagian tengah, membuat akses pengaktifan dan nonaktif smartphone menjadi lebih mudah diakses oleh jempol kanan (asumsi dengan penggunaan smartphone di tangan kanan).

Di sisi atas terdapat port audio dan micro USB. Peletakkan port audio di bagian atas membuat smartphone fleksibel jika dihubungkan dengan perangkat earphone atau headphone. Begitu juga dengan port micro USB. Jika kedua kabel dihubungkan (charge dan audio), posisi yang sebidang ini akan lebih praktis sehingga tidak menyita banyak ruang, jika smartphone diletakkan di dalam tas Anda.

Dengan posisi tombol volume, power, port micro USB, dan audio di sisi kanan serta atas, praktis di sisi kiri dan bawah tidak ada tombol lain. Hal ini memudahkan pengguna dalam pengoperasian smartphone. Gerakan empat jari selain jempol, menjadi lebih leluasa.

Buka cover belakang dan lihat dibaliknya. Untuk proses pembukaan cover belakang, balik smartphone menghadap ke bawah dan dengan menggunakan akses sisi kiri bawah dengan menarik cover pada celah kecil yang ada di sana.

Di sisi belakang, setengahnya merupakan ruang untuk baterai berukuran 2900 mAh. DI atas baterai, ada dua slot SIM card. Sementara di bagian kiri, satu slot micro SD bisa digunakan untuk menambah kapasitas storage, jika memori 16 GB yang disediakan lenovo masih terasa kurang. Namun, untuk memasukkan SIM card dan micro SD, Anda harus membuka baterainya terlebih dahulu.

Di bagian kiri atas, terdapat kamera belakang beresolusi 13 MP dengan desaain kotak kecil . Di bawahnya, dengan ukuran yang lebih kecil lagi, terlihat dual flash yang dapat digunakan untuk membantu pencahayaan di ruang gelap.

Sekarang beralih ke sisi depan. Selain layar berukuran 5,5 inci, di atasnya terdapat kamera depan beresolusi 5 MP untuk kebutuhan selfie. Di sampingnya terdapat speaker untuk proses percakapan. Ruang di atas dan dibawah layar smartphone, memiliki ukuran yang sama.

Fitur & Performa

Sama seperti versi sebelumnya, di Lenovo A7000 Special Edition yang sudah bersistem Android Lollipop ini dibekali dengan aplikasi lenovo Do-It. Aplikasi yang terdiri dari SHAREit dan SYNCit ini fungsinya sangat membantu pengguna smartphone yng ingin bertukar data dengan cepat. Melalui pemanfaatan fitur lainnya, yaitu WiFi Direct, pertukaran data berjalan cepat, walau dengan smartphone merek lainnya.

Untuk kameranya, Lenovo A7000 Special Edition sudah dibekali dengan kamera utama berkemampuan 13 MP dan kamera depan 5 MP. Berbeda dengan seri sebelumnya, kamera utama ini sudah mendukung HDR dan panorama. Kamera ini masih didukung oleh 10 scene mode yang bisa digunakan sehari-hari.

Videonya mendukung perekaman hingga resolusi full HD 1080 pixel. Sementara untuk penggunaan kamera depan, seperti varian Lenovo lainnya, di A7000 Special Edition juga dibekali fitur beautify dengan 7 level untuk menghaluskan tampilan wajah. Kamera belakang dengan kemampuan 13 MP ini bisa menangkap gambar hingga resolusi 4128 x 3096 pixel.

Kemampuan lainnya dari smartphone ini ada di baterai. Lenovo membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 2.900 mAh. Menariknya, baterai dari jenis Litium Ion ini dibuat replaceable sehingga dapat dibongkar-pasang dengan mudah ke bodi smartphone.

Di bagian multimedia, Lenovo A7000 Special Edition tetap dibekali dengan sistem tata suara Dolby Atmos. Sistem teta suara ini mampu menghadirkan suara yang lebih berkualitas, apalagi jika dihubungkan dengan headphone atau earphone.

Tahan tombol menu untuk menampilkan akses cepat ke bagian Theme Center, Screen Manager, atau setting untuk homescreen. Di sini, Anda bisa menggunakan berbagai widget untuk menambah dan memperkaya tampilan smartphone. Di dalam Theme Center, Anda juga disediakan banyak tema untuk tampilan smartphone.

Ada satu aplikasi menarik dalam smartphone ini, yaitu Sensorly. Sesuai dengan namanya, fitur ini memiliki sensor untuk mendeteksi kecepatan Internet, termasuk ketersediaan jaringan di area tempat smartphone berada. Ada empat opsi di dalamnya yaitu View Maps untuk melihat lokasi smartphone dan kekuatan jaringan, Start A Speed Test untuk menguji kecepatan jaringan data, Check Your Activity untuk melihat aktivitas penggunaan data smartphone setiap harinya, dan Map A Trip yang dapt mencatat perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Untuk menghemat daya baterai, lenovo juga menyediakan aplikasi Power Manager yang bisa diatur untuk menghitung serta mengkalkulasi penggunaan baterai setiap harinya. Bahkan, data statistik penggunaan daya baterai bisa dilihat dengan detil.

Performa

Dibekali dengan prosesor Media Tek MT652 1,7 GHz yang lebih bertenaga dan dibantu GPU Mali T760, 2 GB RAM, serta resolusi layar full HD 1080 x 1920 pixel, membuat kemampuan smartphone ini meningkat cukup signifikan dibanding A7000 sebelumnya.

Dari hasil tes Antutu Benchmark 5.7.1, smartphone ini memperoleh nilai sebesar 44974. Nilai ini cukup tinggi di kelas smartphone berharga Rp 2 jutaan.

Untuk kamera, di uji di siang hari, walau bukan ditujukan untuk spesialisasi kamera, hasilnya cukup memuaskan. Objek tertangkap dengan jelas tanpa harus kehilangan fokus. Untuk kondisi yang agak kurang cahaya pun, kamera belakangnya masih bisa diandalkan. Untuk kondisi kurang cahaya, pemanfaatan dual flash membuat objek menjadi terlihat jelas. Sementara untuk kamera depannya, hasilnya juga memuaskan, terutama jika digunakan untuk selfie. Dengan engaturan level fitur Beautify, Anda bisa mendapatkan hasil selfie yang tidak memalukan.

 

Geekbench 3:

 

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi lengkap Lenovo A7000 Special Edition yang memiliki performa bagus, baik untuk kebutuhan foto maupun aktivitas sehari-hari.

Spesifikasi:

Ukuran layar 5,5 inci
Sistem operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor MediaTek MT6752 Octa Core 1,7 GHz Cortex A53
Graphics Card Mali T760MP2
Kamera 13 MP, 4128×3096 pixel, autofocus, dual LED flash (belakang) dan 5 MP (depan). Video: 1080p dengan 30 fps.
RAM 2 GB RAM
Storage 16 GB internal, Micro SD hingga 32 GB
Jaringan GSM/3G/HSPA/LTE
Kartu SIM Dual Micro SIM Card
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, A2DP, Micro USB
Baterai 2.900 mAh

 

Kesimpulan

Untuk kelas smartphone seharga Rp 2.399.000, Lenovo A7000 Special Edition sudah memiliki fitur lebih dari cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya. Dengan prosesor yang Media Tek MT652 1,7 GHz, 2 GB RAM, dan memori internal 16 GB, tentunya tidak hanya dapat mendukung pekerjaan rutin, tetapi juga aktivitas berbagai sosial media.

Ukuran layarnya yang 5,5 inci membuat Lenovo A7000 Special Edition masuk dalam kategor phablet. Ditambah dengan resolusi full HD, menonton film HD menjadi lebih menyenangkan dan nyaman untuk mata Anda. Menariknya, jika memeri internal masih terasa kurang untuk menunjang file multimedia Anda, masih ada slo micro SD.

Selfie yang sudah menjadi kebutuhan pengguna smartphone juga diperhatikan Lenovo. Fitur beautify tetap ada dengan  7 level yang dapat memperhalus tampilan kulit Anda. Wajah pun menjadi terlihat lebih segar. Sementara kamera belakangnya yang sudah beresolusi 13 MP dapat menanangkap objekdengan autofocus. Fitur bawaan kamera memang standar, tetapi Anda dapat memasang berbagai aplikasi kamera menarik di dalamnya.

Dengan dukungan Android Lollipop, setting yang ada menjadi lebih fleksibel, terutama untuk masalah keamanannya.

Tags: , ,


COMMENTS