August 27, 2015

Toyota Pamerkan Seluruh Teknologi Mesin Ultimate Eco Car

Penulis: Syamhudi
Toyota Pamerkan Seluruh Teknologi Mesin Ultimate Eco Car  

MOBITEKNO – Sejak beberapa tahun terakhir, Toyota telah berhasil mengembangkan berbagai teknologi terdepan di bidang otomotif, diantaranya melalui teknologi hybrid maupun teknologi kendaraan berbahan alternatif seperti hidrogen. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 Toyota menampilkan secara lebih lengkap teknologi terkini kendaraan berbasis mesin Valvematic, Hybrid, VNT (Variable Nozzle Turbo), hingga Fuel Cell dan Electric.

Sebagai gambaran, Valvematic yang diterapkan pada Toyota NAV1, merupakan teknologi mesin pintar yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sesuai dengan putaran mesin. Teknologi Hybrid tidak hanya diterapkan pada Prius dan All New Camry yang merupakan satu-satunya sedan dengan mesin ramah lingkungan di Indonesia, tetapi juga digunakan pada All New Alphard. Hybrid merupakan teknologi kendaraan yang menggunakan mesin bensin konvensional serta baterai sebagai sumber tenaga.

Sementara, VNT yang dipakai Grand New Toyota Fortuner dan All New Toyota Hilux Diesel merupakan teknologi mesin diesel modern yang daplikasi oleh Toyota untuk varian kendaraan dengan mesin solar. Sehingga mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Disamping itu, Toyota juga mulai memperkenalkan mesin berteknologi Fuel Cell yang digunakan untuk Mirai. Mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia ini memliki keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan, karena gas buangnya air (zero carbon emission). Selain Fuel Cell, Toyota juga mengembangkan mesin listrik berbaterai lithium ion seperti yang diterapkan pada i-Road, kendaraan kompak masa depan yang cocok untuk daerah perkotaan.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo menyatakan, Toyota berupaya menempati posisi terdepan dalam pengembangan mobilitas masa depan (Beuond Mobility) melalui kendaraan dengan teknologi paling aman dan ramah lingkungan. "Semua upaya tersebut merupakan komitmen Toyota dalam menghadirkan produk-produk yang excitement melebihi ekspektasi konsumen yang sejalan dengan konsep Let’s Go Beyond," tutupnya.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS