November 26, 2015

"Apa yang Bisa Saya Lakukan di Luar, Saya Bisa Kerjakan di Mobil"

Penulis: Karyo

Berbicara soal Otomotif bagi Wiwie , barangkali sudah bisa dikatakan khatam dari  a sampai z. Pasalnya, Wiwie  telah malang-melintang di dunia otomotif  sejak 1987 ketika masih berada di perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, Indomobil Group.  Saat itu Wiwie, menduduki posisi  sangat strategis  sebagai  Direktur Pengelola  Indomobil Group dengan menangani dan membawahi 63 perusahaan  dengan  berbagai jenis dan bidang usaha otomotif  di perusahaan tersebut.

Setelah malang-melintang di Indomobil selama 20 tahun, Wiwie pun masuk ke perusahaan pembiyaan yang juga tidak lepas dari urusan otomotif, Mega Central Finance ( MCF) dan Mega Auto Finance (MAF) tahun 2007. Wiwie pun berkiprah di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), sebuah asosiasi yang  umumnya merupakan perusahaan pembiyayaan otomotif sejak tahun 2001 dan pernah menduduki  jabatan Ketua APPI yang cukup lama selama 2 periode ( 2007-2010 dan 2010-2013) sampai saat ini menjadi Pengawas APPI.  Jadi, tidak berlebihan dan sangat pas kalau Wiwie dikatakan sudah khatam (tamat ) kalau bicara soal otomotif.

20151211155713 35 4

Pada saat situasi dan kondisi ekonomi  Indonesia yang bisa dikatakan lagi sakit, Wiwie yang kelahiran Purwakarta  ini punya  berbagai strategi untuk tetap eksis dalam membawa  gerbong perusahaannya. Setidaknya hal itu telah ditunjukan oleh Wiwie sejak membangun  MCF dan MAF dari nol. Perusahaan  yang dibangun Wiwie kini telah berkembang stabil dan terus meningkat. Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan kinerja perusahaannya yang terus tumbuh pada kisaran  rata-rata 20% setiap tahunnya.

Pertumbuhan perusahaan tersebut bisa dilihat dari jumlah karyawannya saat ini yang telah mencapai  7500 orang (tahun 2011 jumlah karyawan mencapai  5000 orang). Sementara jumlah kantor cabangnya saat ini telah mencapai  250 cabang di seluruh Indonesia ( tahun 2011 baru mencapai 185 cabang).

Pencapaian kinerja tersebut  bukan berarti tanpa tantangan atau halangan. Menurut  pria yang aktif  berolahraga bersepeda ini,  tantangan selalu ada dan akan terus ada. Menurutnya, tantangan tersebut bisa dari faktor internal maupun faktor eksternal.  Faktor internal tentu berasal dari lingkup perusahaan sendiri. Betapa tidak, sebagai  pemimpin, Wiwie harus menghadapi  ribuan karyawan  dengan segala problematikanya. Belum lagi dari  ribuan para konsumen yang mempunyai berbagai macam latar belakang dan masalahnya.

20151211155713 35 6

 

Tags: , , ,


COMMENTS