April 25, 2015

Di Masa Depan, Orang akan Berbagi Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
Di Masa Depan, Orang akan Berbagi Kendaraan  

MOBITEKNO – Pernyataan ini diungkapkan oleh salah satu Eksekutif Google, Ray Kurzweik, saat berbicara di konferensi tahunan “Society of Automotive Engineer” pada Selasa lalu. Prediksi dari Ray ini didasarkan dari berbagai hal, termasuk aktivitas sehari-hari para pemilik kendaraan.

Ungkapan Ray sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena konsep automous, self driving, dan teknologi keamanan sudah sering didengar oleh masyarakat. Konsep kendaraan otomatis sendiri sudah cukup meramaikan persaingan pabrikan kendaraan dalam beberapa tahun belakangan ini.

“Orang akan tetap membeli kendaraan, tetapi model berbagi dengan jenis mobil otomatis akan menjadi populer,” ujar Ray seperti yang dilansir dari Carscoops. “Kami harus berbagi kendaraan dan saya pikir model seperti ini akan terus tumbuh dalam dunia kendaraan otomatis,” tambah Ray.

Konsep berbagi ini cukup menarik karena beberapa alasan, terutama jika dilihat dalam aktivitas di hari kerja. Dari 12 jam yang memungkinkan untuk beraktivitas seharian, penggunaan kendaraan rata-rata hanya sekitar 3-4 jam. Jadi, sisa waktu yang ada, kendaraan akan diam.

Jadi, jika kendaraan otomatis sudah mulai digunakan, dengan konsep berbagi ini, kendaraan tidak akan memberikan dampak yang besar untuk masalah kemacetan. Kendaraan dapat diperintah untuk membantu orang dari satu titik ke titik yang lain dengan aman dan nyaman.



COMMENTS