November 24, 2015

Untuk Penggunanya di Indonesia, Fitur Offline Sudah Tersedia di Google Maps

Penulis: Eko Lannueardy
Untuk Penggunanya di Indonesia, Fitur Offline Sudah Tersedia di Google Maps  

MOBITEKNO – Terbiasa menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi atau area yang ingin dituju? Sayangnya layanan milik Google tersebut akan bekerja optimal jika terkoneksi ke internet yang benar-benar stabil. Namun, kini Anda tak perlu lagi khawatir jika ingin memanfaatkan layanan tersebut hanya karena masalah koneksi internet.

Belum lama ini, Google secara resmi telah merilis fitur Offline di Google Maps bagi penggunanya di Indonesia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh sebuah area atau lokasi ke ponsel. Jadi, saat koneksi internet tidak stabil atau hilang sama sekali, Google Maps akan tetap bekerja.

Nikhil Vaishnavi, Product Manager, Google Maps lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno menegaskan bahwa hadirnya fitur Offline di Google Maps sangat membantu penggunanya di Indonesia. Fitur ini juga bermanfaat, terutama terkait dengan koneksi internet yang tidak stabil di sejumlah lokasi yang ingin dituju.

"Sebagai contoh, Anda berencana pergi ke sebuah tempat baru di Jakarta. Anda juga tahu kalau koneksi internet saat diperjalanan kurang stabil atau hilang sama sekali. Sebelum berangkat, unduh area Jakarta ke ponsel Anda. Ketik area Jakarta di Google Maps, ketuk nama wilayah di kotak putih paling bawah, kemudian pilih Unduh," ujar Nikhil.

Pertama kali fitur ini diperlihatkan oleh Google di acara Google I/O yang digelar pada bulan Mei 2015 lalu. Minggu lalu, Google telah mulai meluncurkan fitur ini secara global, termasuk untuk penggunanya di Indonesia. Secara bertahap, Google juga berjanji untuk terus melakukan pembenahan terhadap layanan peta digital miliknya tersebut.

 

Tags: , , ,


COMMENTS