August 24, 2015

Ada Komodo dan Tawon di Pavilion Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Ada Komodo dan Tawon di Pavilion Indonesia  

MOBITEKNO – Ada yang berbeda pada gelaran Indonesia International Motor Show tahun ini. Dengan tema “The Essence of Motor Show” IIMS 2015 tidak hanya menampilkan mobil-mobil baru dari perusahaan yang sudah memiliki nama, tetapi juga mobil atau kendaraan yang dibangun oleh anak-anak muda Indonesia.

Contohnya bisa dilihat pada Pavilion Indonesia yang berada di Hall C JIExpo Kemayoran. Begitu masuk, pengunjung langsung berhadapan dengan tiga jenis mobil buatan lokal, yaitu mobil listrik karya mahasiswa UII, Tawon, dan dua model Komodo. Ketiga mobil ini cukup menarik perhatian para pengunjung sehingga sebagian besar bertanya-tanya kepada penjaga Pavilion seputar mobil-mobil tersebut.

Mobil listrik Android buatan UII contohnya. Dengan bentuk Open Wheel, mobil ini sudah  menggunakan tenaga listrik. Tenaga dihasilkan dari motor listrik dan disimpan dalam baterai. Menariknya, pengoperasian mobil ini bisa melalui perangkat Android.

Guna melindungi hak cipta, mobil listrik ini sudah memiliki lima klaim paten nasional dari Pusat Hak Kekayaan Intelektual UII di bidang Teknologi Sistem kendali (Controller). Mobil ini masih dalam bentuk konsep.

Di samping mobil listrik buatan anak-anak UII, terdapat juga mobil buatan anak-anak bangsa bermerek Tawon. Tawon dengan seri Transformer ini berjenis pickup dengan mesin berkapasitas 900an cc yang dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari. Sayangnya, mobil ini juga masih dalam bentuk prototipe.

Satu mobil lainnya adalah Komodo. Mobil offrod ini didesain khusus untuk kendaraan operasional perusahaan-perusahaan dengan medan yang cukup sulit. Dengan mesin berkapasitas 250 cc, mobil ini cukup tangguh dalam menghadapi mmedan offroad. Oleh sebab itu, Komodo sudah diproduksi untuk kebutuhan publik. 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS