October 23, 2015

Usung Arsitektur Wi-Fi Controller-less, AP Ruckus Unleashed Cocok untuk Infrastruktur UKM

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Usung Arsitektur Wi-Fi Controller-less, AP Ruckus Unleashed Cocok untuk Infrastruktur UKM  

MOBITEKNO – Ruckus Wireless, Inc., produsen solusi infrastruktur wireless asal Sunnyvale, California, AS, mengumumkan produk access point (AP) terbarunya (22/10/2015), Ruckus Unleashed, yang ditujukan bagi pengguna di kalangan UKM.

AP berbasis arsitektur Wi-Fi tanpa controller (Wi-Fi controller-less) ini dianggap dapat menurunkan biaya kepemilikan (ownership cost) di satu sisi, dan sisi lainnya membawa peningkatan kinerja Wi-Fi hingga 50 persen untuk lingkungan UKM.

Pada lokasi publik/non-publik yang menyediakan fasilitas Wi-Fi dengan banyak AP, terdapat dua pendekatan arsitektur untuk mengatur lalu lintas (traffic) jaringan wireless-nya. Pertama adalah arsitektur Wi-Fi berbasis controller dimana semua AP yang ada membutuhkan suatu eksternal controller.

Arsitektur kedua adalah Wi-Fi controller (Wi-Fi controller-less) dimana setiap AP telah memiliki integrated intelligence tersendiri dalam mengatur traffic. Arsitektur yang disebut juga sebagai arsitektur distributed inilah yang diadopsi pada AP Ruckus Unleashed yang baru diperkenalkan oleh Ruckus Wireless pada hari Kamis (22/10/2015) di Jakarta.

AP dari Ruckus seharga sekitar US$ 700-an tersebut kini tidak lagi membutuhkan lisensi terpisah antara controller dan AP sehingga berdampak positif pada turunnya biaya-biaya awal yang dibebankan ke pengguna dalam hal ini pelaku bisnis UKM.

Instalasi dan konfigurasi AP ini pun mudah berkat web interface yang lebih simpel. Ruckus mengklaim proses konfigurasi Wi-Fi bisa selesai dalam 60 detik saja. AP Ruckus Unleashed saat ini sudah bisa didapatkan di distributor resminya, seperti Synnex Metrodata Indonesia, Ingram Micro, dan CTI Group.

Ruckus Unleashed dirancang secara customized agar bisa membantu pihak UKM mengembangkan bisnisnya, memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggannya, dan mengelola biaya pengeluaran, serta mendukung pemakaian berbagai perangkat genggam dengan staf IT yang terbatas.

Secara global, bisnis UKM masih menjadi penggerak pertumbuhan yang signifikan, dimana dengan 65 juta usaha kecil mewakili lebih dari separuh tenaga kerja dunia (700 juta orang). Sebuah survey dari SMB Group survey menunjukkan sebanyak 60 persen dari pemimpin perusahaan UKM menganggap smartphpne/obile device sebagai hal yang sangat penting bagi usaha mereka.

Di hadapan para media, Rudy Wibowo, Country Manager Ruckus berujar, “Kami selama ini sudah masuk di pasar enterprise, seperti hotel-hotel bintang lima. Namun, hadirnya produk Ruckus Unleashed ini berarti kami pun menargetkan perusahaan kelas kecil yang ingin lebih profesional dalam infrastruktur Wi-Fi-nya".

Menurut Dan Rabinovitsj, COO Ruckus, “AP Ruckus Unleashed membantu para pengusaha lokal, kedai kopi, dan restoran dalam menghadirkan fasilitas Wi-Fi yang berkualitas bagi para pelanggan dan pegawai dengan biaya kepemilikan yang jauh lebih rendah”.

Ruckus Unleashed tersedia dalam dua model AP, ZoneFlex R500 Unleashed dan ZoneFlex R600. Ruckus juga menawarkan promo pembelian kedua AP (hingga Desember 2015) bagi calon pembeli di Indonesia dimana setiap pembelian 2 (dua) unit Ruckus Unleashed AP akan memperoleh dua (2) unit tambahan yang sama secara gratis.

Versi Unleashed dari AP Ruckus ini sama dengan versi standar R500 dan R600, yang berarti pelanggan juga mendapatkan controller bawaan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Tiap AP ini bahkan bisa mengakomodasi koneksi hingga sebanyak 512 perangkat secara bersamaan.

AP Ruckus Unleashed ini juga menyertakan serangkaian teknologi Smart Wi-Fi yang selama ini sudah menjadi andalan Ruckus untuk digunakan di hotel-hotel ternama. Teknologi tersebut antara lain, seperti BeamFlex Adaptive antenna, ChannelFly capacity-based adaptive channel selection, Zero-IT Activation automatic user-device configuration, dan Dynamic PSK Wi-Fi security.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES