October 23, 2015

Browser Microsoft Edge akan Dukung Fitur Extensions Tahun Depan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Browser Microsoft Edge akan Dukung Fitur Extensions Tahun Depan  

MOBITEKNO – Pada sistem operasi terbarunya, Windows 10, Microsoft juga menghadirkan browser baru yang dinamakan Edge dengan tampilan (interface) yang lebih sederhan atau minimialis.

Selain tampilan, Edge juga sudah mengintegrasikan digital assistant atau search assistant Cortana, coretan langsung di web dengan Web-Note, mode Reading-View, Integrated Share Panel, Pin to Start, dan beberapa fitur menarik lainnya.

Namun, dari sekian banyak fitur baru tersebt, ada satu fitu yang diraskan banyak pengguna browser yang belum ada di Edge yaitu Extensions. Seperti juga browser lainnya, Edge masih perlu Extensions untuk memperluas kelengkapan fungsinya sesuai kebutuhan penggunanya.

Microsoft sebelumnya menyatakan rencananya untuk menghadirkan dukungan ditur Extension di Edge pada akhir 2015 ini. Beberapa rumor malah mengatakan bahwa Microsoft akan menyertakan dukungan tersebut pada paket Threshold 2 (paket update Windows lengkap, seperti Service Pack 1 Windows terdahulu) di bulan depan.

Kini, Microsoft pun akhirnya memastikan kehadiran dukungan Extensions di Edge tersebut di tahun 2016 nanti. Berikut ini pernyataan resmi Microsoft:

“Sudah merupakan komitmen kami bagi pengguna menghadirkan pengalaman di web yang lebih personal. Itulah sebabnya kami memberikan prioritas tinggi dalam menghadirkan fitur Extensions ke Microsoft Edge. Kami saat ini aktif mengembangkan model Extension yang aman bagi para pengguna dan mengharapkan bisa menwujudkannya di update Windows 10 mendatang pada 2016 nanti”.

Di sini bisa diartikan, Microsoft akan menyediakan dukungan Extensions di browser Edge pada gelombang pertama update–nya, disebut “Redstone”, yang datang dalam dua gelombang tahun depan.

Perusahaan sebesar Microsoft pun harus memberikan prioritas kepada banyak produknya yang saat ini sedang atau sudah dikembangkan. Sebut saja Windows 10 untuk PC, Windows 10 for IoT, Windows 10 Mobile, berbagai aplikasinya mobile/non mobile di berbagai platform, smartphone Lumia terbaru (950 dan 950 XL), pengembangan Hololens, Surface/Band, Surface Pro 4 dan dan Surface Book.

Di samping itu, masih ada pula produk Skype, penyempurnaan Cortana, searc engine Bing, Xbox 360, dan pengembangan integrasi API DirectX12 di berbagai paltform.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS