August 23, 2015

Parade Mobil Klasik Menyedot Perhatian Masyarakat Ibukota

Penulis: Syamhudi
Parade Mobil Klasik Menyedot Perhatian Masyarakat Ibukota  

MOBITEKNO – Parade mobil-mobil retro, vintage, dan klasik yang melakukan konvoi begitu matahari terbit telah menyedot perhatian masyarakat ibukota Jakarta yang sangat menikmati peristiwa langka di sepanjang jalan yang mereka lewati.

Keceriaan dan kegembiraan tergambar dari raut wajah tidak saja datang dari pengendara dan penumpang yang berada di dalam kendaraan. Mereka yang turut menyaksikan di sepanjang perjalanan turut larut menyatu dengan lambaian tangan yang tak henti-hentinya, seakan mereka tak mau melepas rombongan berlalu begitu saja.

Ratusan kendaraan yang datang dari berbagai daerah di pulau Jawa ini, khusus untuk mengikuti program acara bertajuk “Thousands Car March” (TCM) besutan PT Dyandra Promosindo. Peserta konvoi berkumpul di area parkir timur Senayan, dan sekaligus merupakan titik awal berparade menuju lokasi Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dalam kegiatan konvoi yang dilakukan pada Sabtu pagi (23/8/2015) dibagi dalam beberapa kelompok peserta, dan setiap kelompok telah mendapat pengawalan dari polisi lalu-lintas. Tampak di barisan depan yang turut memeriahkan peserta konvoi adalah komunitas Vespa Kutu (Ketika Usia tidak jadi Usang). Selanjutnya, diikuti kendaraan klasik.

Peserta yang tergabung dalam komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) ini, tidak hanya sekadar pamer dan konvoi keliling kota. Program TCM juga salah satu aksi sosial yang mengiringi penyelenggaraan IIMS 2015. salah satunya adalah pengumpulan benih tanaman bakau sebanyak 100 ribu batang pohon dan 800 terumbu karang untuk diserahkan ke pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Aktivitas ini wujud kepedulian komunitas otomotif terhadap lingkungan.

Penyerahan pohon dan terumbu karang secara simbolis diserahkan oleh perwakilan peserta kepada Staf Ahli Menteri KLH dan Kehutanan, Ilyas Asad, di pelataran gedung Utama JIExpo Kemayoran Jakarta. Pohon dan terumbu karang ini selanjutnya digunakan untuk pengembangan hutan bakau di Kepulauan Seribu.

Prakarsa ini menari, karena bagaimana pun industri  mobil turut andil dalam pencemaran lingkungan. Kali ini beda, justru teman-teman dari komunitas mobil klasik mengambil inisiatif aksi terhadap lingkungan,” ujar Ilyas dalam kata sambutannya. Ilyas menyampaikan rasa terima kasih atas aksi ini dalam program Thousands Car March, dan sekaligus dia berharap agar program seperti inibisa berlangsung juga di luar Jakarta dan diselenggarakan setiap tahunnya.

Ditempat yang sama, BungaSwastika Putri, Division Manager PT Dyandra Promosindo menambahkan, pohon bakau yang kita serahkan ini bisa dipertanggung jawabkan, karena pada setiap pohon itu telah ditanamkan teknologi untuk memantau perkembangan pohon itu. Menurut Bunga, konvoi hari ini baru langkah pemanasan. Sedangkan puncak penampilan mobil-mobil klasik di IIMS 2015 akan berlngsung pada 28-30 Agustus mendatang.

Dalam sesi tersebut akan keluarmobil-mobil langka katagori collectors item persembahan The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICCS) 2015. “Yang belum puas atau yang belum menyaksikan Thousands Car March, silakan datang dan puaskan hati pada tanggal diatas,” ajak Bunga sambil berpromosi.

 

Tags: , , ,


COMMENTS