May 23, 2015

Teknologi Kamera Jadi Nilai Jual ZTE Blade S6

Penulis: Eko Lannueardy
Teknologi Kamera Jadi Nilai Jual ZTE Blade S6  

MOBITEKNO Beberapa waktu lalu ZTE, perusahaan teknologi asal Tiongkok telah merilis smartphone terbarunya, ZTE Blade S6. Salah satu kekuatan smartphone ini adalah dukungan kamera yang disematkan. Menggunakan sensor IMX 214, ZTE membekali Blade S6 dengan kamera depan 13 MP yang tersusun dari lima lensa elemen-aspherical.

Tak hanya itu, dukungan kamera yang disematkan juga ditunjang dengan teknologi Blue Glass Infrared. Berkat teknologi ini, foto yang dihasilkan terlihat lebih terang dan tajam meskipun dalam kondisi pencahayaan yang minim. Sedangkan kamera depan bisa mengambil banyak objek sekaligus dengan sudut pandang lensa 88 derajat.

Sensor IMX 214 yang disematkan juga merupakan generasi lanjutan dari sensor pertama Exmor RS series, yaitu IMX 13x. Sensor baru ini berjenis stacked CMOS Image Sensor dengan diagonal 5.867 mm (Type 1/3.06). Kelebihannya, perekaman gambar diam atau gerak/video mampu menghasilkan tingkat dinamika warna yang luas.

Masih terkait dengan kamera, teknologi lainnya adalah Spatially Multiplexed Exposure (SME). Berkat teknologi ini, sensitivitas cahaya yang tinggi bisa diatur secara otomatis. Tanpa SME, jika ada sumber cahaya di belakang objek yang terlampau terang, gambar akan menjadi gelap dan detail akan hilang.

Dukungan lima lensa elemen-aspherical juga membuat modul kamera yang ada di Blade S6 sangat tipis, namum mampu menghilangkan distorsi visual atau sering disebut "sagittal coma flare" dan aberasi kromatik yang banyak ditemui pada lensa konvensional.

Menyinggung soal dukungan aplikasi Camera yang ada di dalam Blade S6, pengguna bisa memanfaatkan dua mode yang ada, yakni Simple Mode dan Expert Mode. Jika pengguna tak mau dipusingkan dengan banyaknya pengaturan, bisa menggunakan opsi Simple Mode.

Tentunya, lewat opsi Expert Mode pengguna bisa lebih banyak menemukan pengaturan yang mampu untuk menghasilkan foto terlihat lebih baik. Sebagai contoh, pengaturan yang bisa ditemukan oleh pengguna antara lain ISO, White Balance, HDR, komposisi dan sebagainya.

Di Indonesia, ZTE menjual Blade S6 dengan harga Rp2.999.000. Jika Anda tertarik untuk membelinya, smartphone ini telah tersedia melalui situs e-commerce dan beberapa ritel yang terkenal di Tanah Air. Dukungan lainnya, ZTE Indonesia melindungi penjualan Blade S6 dengan garansi resmi satu tahun.

Tags: , , ,


COMMENTS