December 22, 2015

Pilih Smartphone dengan Masa Aktif Baterai Lebih Awet

Penulis: Desmal Andi

Faktor penentu daya hidup baterai yang utama adalah dari kapasitasnya. Saat ini, pada umumnya kapasitas tersebut dicantumkan dengan menggunakan satuan mili ampere hour atau yang biasa disingkat “mAh”. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah konsumen harus cermat dalam menentukan daya hidup baterai.

Selain besaran kapasitas dalam satuan mAh, hal yang perlu diperhatikan adalah soal seberapa “rakus” komponen-komponen yang ada pada smartphone incaran dalam mengonsumsi daya. Beberapa komponen-komponen yang biasanya perlu diperhatikan antara lain adalah:

  • Apakah prosesor memakan daya baterai terlalu banyak? Prosesor merupakan komponen yang bekerja paling keras serta penyebab cadangan daya cepat habis.
  • Antena perangkat pintar yang ada apakah dapat menangkap sinyal dari penyedia jaringan dengan stabil dan baik? Hal ini penting, karena makin buruk sinyal yang diterima perangkat pintar, makin boros konsumsi baterainya.
  • Apakah banyak aplikasi yang berjalan di belakang? Beberapa produsen smartphone memasukkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang biasa disebut “bloatware”, yang belum tentu berguna dalam pemakaian umum. Biasanya, aplikasi seperti ini dapat berjalan di belakang, meskipun kita tidak membukanya. Pastikan membeli perangkat pintar yang memiliki opsi untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting.
Tags: , , ,


COMMENTS