November 22, 2015

Tahun Depan, Google Siapkan Smartband Terjangkau Nexus Band

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tahun Depan, Google Siapkan Smartband Terjangkau Nexus Band  

MOBITEKNO – Google mungkin akan turut meramaikan pasar fitness tracker (fitness band, smart band) tahun depan dengan produknya Nexus Band. Apabila nantinya Nexus Band memang benar-benar dirilis tahun 2016, smart band perdana Google ini akan bersaing langsung dengan produk smartband terjangkau lainnya yang cukup populer di pasar, seperti Fitbit, Xiaomi, dan Jawbone.

Prediksi ini dilontarkan oleh lembaga riset pasar CSS Insight yang berbasis di Inggris. Menurut CSS Insight, di tahun 2016 nanti, Google mengembangkan versi lightweight Android Wear sebagai platform ekonomis untuk perangkat fitness band. Adapau produk pertama yang mungkin menggunakan platform ini adalah Google Nexus Band.

Alasan masuknya Google ke pasar smartband tidak jauh berbeda dengan alasan utamanya masuk ke perangkat mobile lainnya, seperti smartphone Android, Chromebook, Chromecast, dan lain-lain.

Google tidak ingin melewatkan arus informasi/data yang masuk dan keluar dari jutaan perangkat smartband yang langsung atau tidak langsung akan mendukung berbagai layanan Google dan meningkatkan nilai dari platform iklannya selama ini.

Selain itu, Google pun ingin menyelaraskan perangkat smartband berbasis Android Wear dengan inisiatif platform health tracking-nya, yaitu Google Fit.

Awal tahun ini Google sempat dikabarkan sedang ‘menggodok’ salah satu program Google X untuk activity tracker. Namun belakangan diketahui perangkat yang sedang dikembang tersebut bukan ditujukan untuk konsumen layaknya suatu ‘perangkat sejuta umat’ lainnya, tapi sebagai perangkat profesional untuk dunia medis.

CCS Insight juga menyampaikan prediksinya di dunia teknologi wearable. Menurut mereka, Fitbit akan menjadi produsen pertama yang sukses menjual 100 juta unit di akhir tahun 2017. Prediksi ini sayangnya tidak menyinggung produsen kuat lainnya, yaitu Xiaomi yang mulai melakukan ekspansi globalnya.

Fitbit yang asal AS ini belakangan mulai menghadapi ancaman dari produsen Xiaomi dengan produk Mi Band-nya yang jauh lebih murah. Setelah sukses di pasar Tiongkok, Xiaomi mulai melakukan ekspansi di luar pasar Tiongkok dengan membuka toko online bagi konsumen AS dan Eropa pada pertengahan tahun ini.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS