July 22, 2015

Nokia Dikabarkan Jual Murah Layanan HERE Maps ke Produsen Mobil Jerman

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Nokia Dikabarkan Jual Murah Layanan HERE Maps ke Produsen Mobil Jerman  

MOBITEKNO – Nokia yang ingin fokus menangani divisi jaringannya diduga telah menwarkan divisi HERE Maps-nya ke beberapa pihak yang tertarik membelinya. Kabar terakhir, perusahaan teknologi asal Finlandia ini sudah menemukan kandidat pembelinya yang berasal dari industri otomotif Jerman.

Menurut laporan The Wall Street Journal, tiga produsen mobil kakap asal Jerman, yakni Audi, BMW, dan Daimler telah menyetujui pembelian HERE Maps sekitar € 2.5 miliar (sekitar US$ 2.71 miliar). Sebelumnya, Uber, perusahaan jasa transportasi asal AS juga dikethaui tertarik membeli HERE maps.

Harga jual yang kurang dari US$ 3 miliar ini terbilang murah jika dibandingkan ongkos yang harus dikeluarkan Nokia (sekitar US$ 8,1 miliar) saat membeli peta digital tersebut dari Navteq pada tahun 2008 lalu.

Apabila negosiasi Nokia dengan ketiga produsen ini mencapai kesepakatan, bukan berarti layanan ini kelak hanya bisa diakses oleh mobil-mobil yang dibuat oleh ketiga produsen tersebut.

Menurut informasi yang beredar, ketiga produsen tersebut pun berencana untuk mengundang produsen mobil lainnya untuk bersama-sama menanam sahamnya di perusahaan baru yang akan dibentuk jika HERE Maps jadi dibeli mereka.

Minat industri ototmotif pada divisi Nokia HERE Maps bisa dimengerti mengingat sekitar 80 persen pangsa layanan peta digital di mobil-mobil menggunakan HERE Maps. Selebihnya ada beberapa ‘pemain’ lainnya, seperti peta Google atau TomTom.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS