June 22, 2015

Investasi ke Startup, Lenovo Dukung Pengembangan Smartphone Berbasis Cynogen

Penulis: Eko Lannueardy
Investasi ke Startup, Lenovo Dukung Pengembangan Smartphone Berbasis Cynogen  

MOBITEKNO – Saat ini industri smartphone asal Tiongkok adalah yang paling kompetitif di dunia. Setiap pemain di industri ini berusaha untuk saling mengalahkan satu sama lain dalam hal penjualan dan meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Persaingan ini juga memacu munculnya pemain baru, sebagai contoh Zuk. Menariknya, kehadiran Zuk sebagai startup juga disokong oleh produsen smartphone ternama di Tiongkok, Lenovo dan pengembang software Qihoo 360. Tak main-main, Lenovo bersama Qihoo 360 juga menanam investasi sebesar US$409 juta.

Berbicara produk smartphone yang sedang dirancang, Zuk dalam waktu dekat akan menghadirkan Zuk Z1, smartphone yang masuk ke jajaran kelas atas dan ditenagai dengan Cyanogen. Tentu saja ini menjadi sebuah perangkat smartphone yang menarik bagi sebagian banyak orang.

Di dunia maya, spesifikasi hardware yang ditanam ke dalam Zuk Z1 juga telah bocor. Hadir dengan bentang layar 5,5 inci resolusi smartphone ini adalah 1920 x 1080 alias Full HD. Zuk juga akan membenamkan RAM berkekuatan 3 GB dan internal storage 16 GB atau 32 GB.

Kabar lainnya, smartphone ini akan dibekali kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone yang sudah hadir lebih dahulu di pasaran, Zuk Z1 juga akan ditopng dengan konektivitas jaringan 4G LTE (FDD-LTE).

Dukungan lainnya adalah kapasitas baterai yang cukup besar. Sayangnya, belum ada informasi yang akurat mengenai seberapa besar kapasitas baterai yang akan dibenamkan ke dalam Zuk Z1. Hal menarik lainnya adalah feature pemindai sidik jari.

Pihak Zuk juga belum mau berbicara lebih banyak terkait kapan smartphone ini tersedia di pasaran. Sekali lagi, dukungan Cyanogen pra-install di atas sistem operasi Android tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi smartphone ini. Besar kemungkinan, Zuk Z1 akan ditawarkan dengan harga terjangkau.

 

Sumber: Android Headlines

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES