December 21, 2015

Kini Waze Punya Bahasa Indonesia Sebagai Pemandu Navigasi

Penulis: Desmal Andi
Kini Waze Punya Bahasa Indonesia Sebagai Pemandu Navigasi  

MOBITEKNO – Berita gembira untuk para pengguna aplikasi Waze di Indonesia. Setelah sekian lama mengusahakan untuk menyediakan bahasa Indonesia sebagai salah satu pemandu navigasi, akhirnya pada Jumat 17 Desember 2015, hal ini benar-benar terwujud. Waze memperkenalkan voice prompt (navigasi suara) berbahasa Indonesia untuk para penggunanya.

Inisiatif ini sebelumnya dicetuskan oleh sekumpulan Wazers lokal Indonesia yang dipimpin oleh Waze Global Champ, Christian Iskandar. Untuk mewujudkan hal ini, para Wazers mencari dua orang pengisi suara untuk meningkatkan pengalaman menggunakan Waze bagi pengguna lokal. Setelah pencarian secara nasional dilakukan, terpilihlah Alva, dosen yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, dan Septi, pembawa berita dari Semarang, JawaTengah.

“Navigasi suara baru ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa kepada komunitas.Jauh sebelum proyek ini diinisiasi, kami telah menerima banyak permintaan,” ujar Christian Iskandar. “Hal ini sudah ditunggu-tunggu selama beberapa waktu dan akan secara signifikan memperbesar komunitas kami. Indonesia bukanlah negara berbahasa Inggris, karena itu navigasi suara dalam bahasa Indonesia akan sangat membantu,”tambah Christian.

Di Jakarta sendiri,pengguna Waze sudah mencapai 1.100.000 pengguna. Oleh sebab itu, hadirnya navigasi suara dalam bahasa Indonesia diharapkan dapat memperluas layanan Waze untuk para penggunanya.

“Kami selalu mencari jalan untuk meningkatkan kualitas layanan kami, yang termasuk di dalamnya navigas suara dalam bahasa baru agar lebih banyak lagi oranng yang dapat diuntungkan dengan Waze dan memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik. Kami yakin, navigasi suara yang baru ini akan diterima dengan positif oleh komunitas di Indonesia. Selain pemahaman yang lebih baik, navigasi suara lokal ini akan mendorong keamanan berkendara,” pungkas Julie Mossler, Juru Bicara untuk Waze.

Navigasi suara Waze dalam bahasa Indonesia merupakan satu dari beberapa navigasi suara yang baru-baru ini diperkenalkan di seluruh dunia. Selain dalam bahasa Indonesia, Waze juga memperkenalkan bahasa Polandia, Latvia, dan Serbia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS