July 21, 2015

Ford Kembangkan Teknologi Lampu Depan dengan Kamera

Penulis: Desmal Andi
Ford Kembangkan Teknologi Lampu Depan dengan Kamera  

MOBITEKNO – Saat ini, perusahaan mobil Ford sedang mengembangkan teknologi baru untuk pencahayaan dari lampu depan guna meningkatkan faktor keamanan berkendara. Pengembangan lampu depan yang akan memanfaatkan kamera ini akan membuat pengemudi dapat melihat kondisi jalan di depannya saat menikung.

Ford melakukan pengembangan teknologi lampu ini di European Research and Innovation Centre di Aachen, Jerman. Sistem kamera dengan GPS akan dikembangkan For untuk membantu lampu utama mengenali kondisi jalan raya di depannya.

Kamera yang akan ditempatkan di sebelah lampu kabut dapat menyimpan berbagai inforrmasi ke dalam sistem navigasi. Dengan demikian, jika pengendara melewati jalut yang sama di kemudian hari, sistem dapat memberikan arahan untuk lampu depan mengenai area mana saja yang harus diberi pencahayaan. Sistem ini juga memiliki fasilitas infra red yang dipasang di grille depan untuk memindai berbagai objek di depannya dalam radius 120 meter.

“Camera Based Advanced Front Lighting dapat membantu pencahayaan untuk pengemudi dengan lebih mudah saat malam hari,  terutama untuk lingkungan yang tidak dikenalnya,” ujar Michael Koherr, Research Engineer Lighting System Ford Europe seperti yang dilansir dari Carscoops.

Dengan adanya teknologi baru ini, jika ada objek yang berpotensi membahayakan mobil. Dua lampu LED khusus yang berada di samping lampu kabut dapat menerangi objek agar pengemudi dapat melihat objek tersebut. Di dalam kabin, informasi objek juga akan tampil dan ditandai dalam sebuahbingkai kuning atau merah. Ford berharap teknologi ini dapat digunakan untuk model-model mobil Ford dalam waktu dekat.

 

Sumber: carscoops

Tags: , , , , ,


COMMENTS