April 21, 2015

MINI Kembangkan Teknologi Augmented Reality

Penulis: Desmal Andi
MINI Kembangkan Teknologi Augmented Reality  

MOBITEKNO – Kacamata khusus ini memang baru dalam tahap konsep. Namun, MINI berencana untuk menampilkannya dalam gelaran Shanghai Auto Show 2015. Melalui sebuah konsep bernama Augmented Vision, MINI akan mengintegrasikan berbagai navigasi pintar dalam kacamata. Navigasi ini dapat membantu pengemudi dalam mencari arah, menentukan posisi parkir yang sulit, hingga mengetahui berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan yang sudah pengemudi tentukan.

Konsep dasar pada Augmented Vision ini sebenarnya adalah kemudahan untuk para pengemudi di dalam kabin, walaupun kacamata juga dapat digunakan saat pengemudi sedang tidak di berkendara. luar kendaraan. Teknologi Augmented Reality yang akan diterapkan dalam kacamata ini dapat menunjukkan berbagai informasi yang relevan dan disampaikan langsung ke pengemudi, tanpa mengganggu objek lain di sekitar kendaraan.  Untuk konsep Augmented Vision ini, MINI bekerjasama dengan Qualcomm, produsen chipset pintar yang selama ini sudah dikenal di  berbagai perangkat mobile. Konsep ini memang masih belum akan diproduksi. Namun, MINI sudah siap mendemonstrasikan bagaimana konsep ini bekerja dalam berbagai event.

Dari video yang ditunjukkan pihak MINI, konsep ini akan akan diterapkan dalam berbagai hal, seperti Augmented Parking. Jadi, saat dalam posisi parkir yang sulit, pengemudi masih bisa melihat posisi ban belakang dari kamera di sekitar mobil. Konsep ini juga mengintegrasikan teknologi tembus pandang dengan kemampuan X-Ray. Rencananya, MINI akan memperkenalkan kacamata ini pada gelaran Shanghai Auto Show 2015 yang baru saja dibuka.

Tags: , ,


COMMENTS