August 18, 2015

Sebelum Diklaim Google, Ternyata Merek Alphabet Sudah Dimiliki BMW  

Penulis: Elizabeth Swanti
Sebelum Diklaim Google, Ternyata Merek Alphabet Sudah Dimiliki BMW     

MOBITEKNO – Belum lama Alphabet diperkenalkan oleh Google sebagai nama induk perusahaan Google, santer berita mengenai kepemilikan asli nama tersebut adalah BMW.

Situs CNBC menyusur bahwa nama domain alphabet.com hingga kini masih dimiliki oleh produsen mobil asal Jerman, BMW.  Uniknya, di BMW, Aplhabet merupakan nama anak perusahaan, yang menyediakan jasa armada kendaraan untuk perusahaan.

Dilansir melalui New York Times, juru bicara BMW mengatakan bahwa BMW belum pernah menerima pemberitahuan sebelumnya akan rencana oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk menggunakan nama Alphabet, serta belum menerima tawaran pembelian domain Internet atau merek dagang tersebut. "Kami tidak berencana untuk menjual domain Alphabet.com," kata Micaela Sandstede, juru bicara BMW di Munich. Sandstede juga menyatakan bahwa situs tersebut merupakan bagian dari bisnis BMW yang sangat aktif.

Saat ini, pihak BMW mengaku sedang memeriksa apakah penggunaan tersebut merupakan pelanggaran merek dagang. Namun menurut US Patent dan Trademark Office, hanya karena satu perusahaan menggunakan nama tersebut tidak berarti perusahaan lain tidak bisa menggunakannya. Pelanggaran merek dagang terjadi jika penggunaan nama perusahaan lain bisa menciptakan kebingungan dengan konsumen.

Sejak nama Alphabet diumumkan oleh Google, akses ke situs milik BMW ini melonjak drastis. Padahal, Alphabet milik Google menggunakan nama domain abc.xyz.

Hingga saat ini, pihak Google masih menolak berkomentar akan perseteruan nama ini. Namun melalui situs resmi Alphabet, abc.xyz, Page dan Brin menuliskan pesan, "Jangan khawatir, kami masih berusaha terbiasa dengan nama ini juga!"

Tags: , ,


COMMENTS