July 18, 2015

Kabin Mobil Hangus Terbakar Akibat Ponsel yang Kepanasan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kabin Mobil Hangus Terbakar Akibat Ponsel yang Kepanasan  

 

MOBITEKNO – Hawa yang terlalu panas bukan hanya berbahaya manusia. Mobil phone atau telepon seluler (ponsel) yang kepanasan pun bisa rusak bahkan meledak jika dibiarkan terlalu lama di dalam ruangan atau kabin mobil yang suhunya terlalu tinggi.

Peristiwa terbakarnya ponsel di dashboard mobil saat ditingal pemiliknya di Taiwan belum lama ini bisa menjadi peringatan penting bagi para pengguna mobil di Indonesia agar tidak meninggalkan barang ponsel terlalu lama di dalam mobil. Seperti diketahui, kota-kota Indonesia juga tidak kalah panasnya di bandingkan kota Asia lainnya.

Saat ponsel ditinggal di dalam kabin mobil oleh pemiliknya, suhu di luar saat ini diketahui berkisar 33 derajat Celcius. Meskipun suhu ini terbilang wajar jika mobil di parkir gedung atau pinggir jalanan, tapi pengaruh kelembapan udara yang tinggi (humidity) boleh jadi menyebaban suhu didalam bisa meningkat menjadi 40 derajat Celcius.

Asap yang timbul akibat ponsel terbakar baru disadari pejalan kaki yang kebetulan melewati mobil tersebut. Polisi pun dipanggil untuk melihat kondisi di dalam mobil tersebut. Namun, sayangnya polisi dan petugas damkar (pemadam kebakaran) sudah terlambat saat tiba di lokasi kejadian.

Bagian dashboard dan sebagian ruang mesin mobil sudah ikut hangus akibat ponsel yang terbakar tersebut. Laporan kejadian yang dilansir dari TomoNews.net ini tidak menyebutkan secara spesifik merek dan model ponsel yang menjadi biang keladi terbakarnya mobil.

 

Tags: , , ,


COMMENTS