July 18, 2015

1,5 Juta Aplikasi Hadir di App Store, Play Store Tetap yang Terbanyak

Penulis: Eko Lannueardy
1,5 Juta Aplikasi Hadir di App Store, Play Store Tetap yang Terbanyak  

MOBITEKNO – Di sela-sela acara WWDC 2015 yang digelar beberapa bulan lalu, Tim Cook selaku CEO Apple menegaskan bahwa marketplace miliknya, App Store telah berhasil mencapai 100 miliar kali unduhan selama enam tahun. Namun, apakah Anda tahu berapa sebenarnya jumlah aplikasi yang ada di dalam marketpalce tersebut?

Diketahui lewat AppShopper, App Store hingga saat ini telah menampung sebanyak 1,5 juta aplikasi, tepatnya sebanyak 1.507.779 aplikasi. Rinciannya, sebanyak 1.010.928 aplikasi khusus ditawarkan untuk iPhone dan sebanyak 481.970 aplikasi untuk iPad. Sedangkan sebanyak 23 ribu lebih aplikasi dibuat khusus untuk pengguna Mac.

Masih dari laporan AppShopper, ternyata sebanyak 2.316.413 aplikasi telah diizinkan untuk dimasukkan ke App Store. Tentu saja, angka tersebut tidaklah kecil bagi sebuah marketplace, termasuk App Store yang dibangun oleh Apple. Namun, Apple telah menarik sebagian besar aplikasi-aplikasi tersebut dengan berbagai alasan.

Lalu, bagaimana dengan jumlah aplikasi yang ada di Play Store sebagai salah satu kompetitor App Store? Menurut AppBrain, sebanyak 1.610.885 aplikasi (18 Juli 2015) telah dimuat oleh Google ke dalam marketplace buatannya. Sayangnya, sebanyak 13 persen merupakan aplikasi yang tidak bermanfaat bagi penggunanya.

Hingga saat ini, persaingan kedua marketplace tersebut sangat ketat. Beberapa pengembang aplikasi juga berlomba-lomba untuk memuat aplikasi buatannya ke dalam kedua marketplace tersebut. Selain App Store dan Play Store, marketplace lainnya yang terus memperkaya aplikasi di dalamnya adalah Windows Store dan BlackBerry World.

 

Sumber: PhoneArena

Tags: , , , ,


COMMENTS