May 18, 2015

Nikola Kembangkan Casing iPhone yang Bisa Menangkap Listrik

Penulis: Desmal Andi
Nikola Kembangkan Casing iPhone yang Bisa Menangkap Listrik  

MOBITEKNO –  Di masa yang akan datang, akan lebih mudah bagi pengguna iPhone untuk menjaga daya tahan baterai karena Nikola Labs sedang mengembangkan sebuah casing yang dapat menangkap energi listrik untuk disalurkan ke perangkat smartphone. Nikola Labs yang berkantor di Amerika Serikat ini menguji teknologinya pada perangkat iPhone terlebih dahulu.

Casing iPhone ini akan mengambil frekuensi Wifi dan radio yang dipancarkan dari perangkat iPhone dan smartphone lain di sekitarnya. Casing ini juga bukan seperti power case yang sering dilihat di toko-toko elektronik karena tidak memiliki baterai eksternal untuk penyimpan daya listrik. Tidak seperti Qi Wireless yang mengandalkan sumber listrik pada salah satu bidang, kunci dari teknologi ini adalah penggunaan metamaterial yang strukturnya dapat menangkap berbagai signal di sekitarnya.

Casing akan menangkap kembali energi yang dipancarkan oleh signal Wifi atau radio dari smartphone dan akan mengembalikannya lagi ke smartphone dalam bentuk daya listrik. Menurut Nikola, energi yang bisa ditangkap bisa memperpanjang daya baterai hingga 30 persen lebih lama dibandingkan tanpa casing khusus ini.

Tags: ,


COMMENTS