December 17, 2015

Dahului Xiaomi Mi Pad 2, Teclast Hadirkan Tablet Atom x5 ‘Cherry Trail’ Pertama di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dahului Xiaomi Mi Pad 2, Teclast Hadirkan Tablet Atom x5 ‘Cherry Trail’ Pertama di Indonesia  

MOBITEKNO – Manuver Intel dalam menawarkan chip prosesornya sebagai ‘otak’ dari perangkat tablet tidak kalah agresifnya dengan manuver Intel di dunia smartphone. Bisa dimengerti karena berkembang tidaknya perusahaan semikonduktor asal AS ini bergantung pada penjualan chip-nya ke berbagai produsen perangkat mobile.

Selain mengandalkan para mitranya selama ini di Indonesia, seperti HP, Dell, atau Acer, Intel pun melakukan kerjasama dengan produsen lokal, seperti Evercoss, Advan, dan Mito.

Tidak mau berpuas diri dengan dua kerjasama di atas, Intel pun melakukan kolaborasi dengan produsen tablet asal Tiongkok, yaitu Teclast untuk meramaikan pasar tablet di Tanah Air.

Menurut Fernando Uffie, Head of Business and Development Intel Indonesia, "Intel memahami pentingnya sinergi dengan mitra global, seperti Teclast untuk mewujudkan komitmen Intel dalam mendorong inovasi teknologi dan membuat teknologi menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia.”

Nama Teclast masih kurang akrab di telinga konsumen Indonesia. Meski demikian, Teclast sebenarnya sudah menjadi produsen tablet besar di kampung halamannya Cina. Produknya bahkan diklaim sudah dipasarkan di lebih dari 40 negara.

Dalam sambutannya di acara peluncuran tablet mereka di Jakarta (16/12/2015), Sun Wu A, GM Teclast menjelaskan bahwa Indonesia saat ini merupakan pasar penting di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai bukti keseriusannya masuk ke pasar tablet Indonesia, Teclast langsung mengusung setidaknya empat produk tablet, yakni X98 Pro, X98 Plus, X80 Plus, dan tablet 2-in1 X16 Pro.

Selain keempat tablet tersebut, sebenarnya masih dua tablet lainnya, yaitu tablet 2-in-1 X2 Pro dan tablet X70R yang akan menyusul datang di pasar Indonesia.

Apabila keempat produk tablet, yaitu X98 Pro, X98 Plus, X80 Plus, dan X16 Pro semuanya diperkuat dengan chip Intel Atom x5 terbaru, maka Teclast X2 Pro diperkuat dengan prosesor yang lebih bertenaga, yaitu Intel Core M. Adapun tablet lainnya, Teclast X70R akan dilengkapi dengan prosesor Atom x3 bersandi SoFIA yang juga banyak digunakan oleh tablet lokal, seperti Mito, Advan, dan Evercoss.

Ketersediaan tablet Teclast di pasaran Indonesia akan berlangsung secara bertahap. Sebagai langkal awal, tablet Teclast baru akan ditawarkan melalui e-commerce Lazada dan WOOK. WOOK adalah mobile e-commerce B2B yang menghubungkan merek China yang berkualitas dengan para retailer di Indonesia.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS