November 17, 2015

Sukseskan Proyek Ford Volunteer Corps, Ford Bersama ACT Gelar CSR di Desa Karang Tengah

Penulis: Desmal Andi
Sukseskan Proyek Ford Volunteer Corps, Ford Bersama ACT Gelar CSR di Desa Karang Tengah  

MOBITEKNO – Acara sosial dari Ford Motor Indonesia ini merupakan bagian dari Proyek Ford Volunteer Corps yang digagas oleh Bill Ford pada tahun 2005. Acara ini memang selalu diadakan setiap tahun dan melibatkan para karyawan untuk bekerja sukarela membantu sesama.

Ford Volunteer Corps ini juga berbarengan dengan program Bill Ford World Challenge  yang menyediakan dana hingga 500.000 USD Amerika untuk proyek pelayanan asyarakat yang dipilih oleh para karyawan perusahaan.

Di Indonesia, bersama dengan organisasi nirlaba Aksi Cepat tanggap (ACT), karyawan Ford Motor Indonesia mewujudkan proyek Ford Volunteer Corps dengan melakukan perbaikan, pengecatan, dan menanam pohon untuk penghijauan di Sekolah Dasar Miftahul Ulum, di desa Karang Tengah. Para sukarelawan dari Ford juga membantu instalasi sumber air bersih dan membangun fasilitas sanitasi higienis untuk masyarakat Kabasiran, desa Karang Tengah.

“Kami sangat bersyukur menjadi bagian dari perusahaan dengan warisan kepedulian yang membantu karyawan untuk lebih jauh menciptakan dunia yang lebih baik,” ujar Bagus Susanto, managing Director Ford Motor Indonesia. “Kami berharap program ini menjadikan lingkungan yang lebih sehat dan memberikan manfaat jangka panjang tidak hanya untuk para siswa tetapi juga untuk komunitas secara luas,” tambah Bagus.

Ford Volunteer Corps yang diluncurkan 2005 merupakan aksi dari Ford sebagai tanggapan terhadap bencana Tsunami di Samudra Hindia. Proyek ini membangun kembali infrastruktur pasca tsunami. Di tahun tersebut karyawan Ford dari Thailand sempat menempuh perjalanan 14 jam dalam kondisi panas dan bergabung untuk membangun kembali area yang terkena dampak tsunami.

Dari kasus tsunami tersebut, Bill Ford terus meluaskan proyek ini setiap tahunnya. Kini, hampir 20.000 karyawan diperkirakan bekerja di 360 proyek di seluruh dunia, mulai dari membersihkan pantai di Angola sampai merenovasi tempat penitipan anak berkebutuhan khusus di Inggris. Di Amerika Serikat sendiri, lebih dari 2.300 karyawan Ford berpartisipasi di lebih dari 160 kegiatan sukarela yang tersebar di 9 negara bagian.

Tags: , ,


COMMENTS