September 17, 2015

Andromax M2S: MiFi 4G Racikan Lokal Smartfren Bersama LG Innotek Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Andromax M2S: MiFi 4G Racikan Lokal Smartfren Bersama LG Innotek Indonesia  

MOBITEKNO – Di tahun 2015 ini, PT Smartfren Telecom Tbk sebagai perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi dan Internet memelopori dukungannya terhadap pada teknologi 4G LTE Advanced (LTE-A) di jaringan selulernya.

Sebagai informasi, 4G LTE-Advanced merupakan pengembangan teknologi 4G yang menggabungkan dua spektrum atau lebih. Standar 4G LTE-Advanced mendukung dua mode, yaitu frequency-division duplexing (FDD) di frekuensi 850 MHz dan time-division duplexing (TDD) di frekuensi 2.300 MHz.

Penggabungan ini dikenal juga dengan istilah ‘kerennya’ carrier aggregation. Carrier aggregation bisa dianggap sebagai penggabungan beberapa band sprektum kecil ke dalam satu band yang lebih besar

Upgrade ke teknologi 4G LTE-A tentu berdampak positif pada kecepatan jaringan yang digunakan pelanggan. Namun, semuanya ini menjadi kurang berarti jika dukungan dan ketersedian perangkat, seperti MiFi (Mobile WiFi) router masih sulit diperoleh pelanggan.

Smartfren sudah mengantisipasinya beberapa bulan sebelumnya dengan merilis dua MiFi sekaligus, yakni Andromax M2P dan Andromax M2Y. Keduanya diklaim telah telah mendukung kecepatan koneksi LTE Cate4.

Tidak puas sampai di situ, Smartfren kembali meluncurkan MiFi 4G LTE-A terbaru (17/9/2015) Andromax M2S yang diperkuat dengan chipset Qualcomm MDM 9320 dan baterai 2000 mAH. Produk MiFi yang tersedia dalam tiga warna ini (hitam, merah,dan biru) menjadi lebih spesial bagi Smartfren karena merupakan produk MiFi pertama yang diproduksi secara lokal alias buatan dalam negeri.

Pihak yang digandeng Smartfren untuk memproduksi Andromax M2S ini adalah PT LG Innotek Indonesia yang selama ini telam membuat komponen TV Tuner (digital dan analog) untuk berbagai merek TV, IP Network camera, dan ESL (Electronic Self Label). Pabrik LG Innotek Indonesia tersebut berlokasi di kawasan industri Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Park Se Kil, Presdir LG Innotek Indonesia, “LG Innotek Indonesia turut bangga dapat mendukung dan menjadi mitra Smartfren. Kami sangat bersemangat unutk ambil bagiandalam ekosistem mobile broadband 4G LTE ini.”

“MiFi Andromax M2S memiliki bentuk yang compact, kemampuan oneksi yanghandal, dan stabil bagi perangkat mobile masyarakat di Indonesia”, tambah Park.

Menurut Smartfren, selain menyediakan koneksi cepat, Andromax M2S yang dijual seharga sekitar Rp 500 ribu ini juga menyertakan data gratis (free data) 4,5 GB. Selain itu, jika pengguna melakukan top-up minimum sebesar Rp 100 ribu/bulan, pelanggan pun akan menerima ekstra bonus data sebesar 19 GB.

Menurut Sukoco Purwokardjono, Division Head Smartphone & Data Device Smartfren Indonesia, “Kebutuhan penggunaan akses mobile broadband masyarakat Indonesia kini semakin tinggi. Kehadiran MiFi Andromax M2S semakin memberi kemudahan untuk mengakses koneksi 4G LTE dan didukung oleh koneksi Internet yang nyaman di jaringan Smartfren 4G LTE Advanced milik kami yang luas, cepat, dan stabil.”

Perkataan Sukoco ingin menegaskan bahwa siapa pun yang ingin merasakan layanan Smartfren 4G LTE Advanced, terlepas dari smartphone atau tablet-nya sudah mendukung 4G LTE atau tidak, dapat langsung mencobanya melalui bantuan MiFi Andromax M2S.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS