July 17, 2015

Dijual: Mobil Bentley Milik Ian Fleming

Penulis: Desmal Andi
Dijual: Mobil Bentley Milik Ian Fleming  

MOBITEKNO – Tak hanya sekadar sarana transportasi, sebuah mobil juga bisa menceritakan sejarah. Seperti mobil Bentley R-Type Continental Fastback keluaran tahun 1953 yang pernah dimiliki oleh Ian Fleming, sang kreator James Bond.

Selama 3 dekade terakhir, kendaraan ini hanya terdiam di garasi studio film Hollywood. Pertengahan Agustus mendatang,  balai lelang Gooding & Company Pebble Beach akan melego mobil klasik ini.

Dilansir melalui Autonews, Fleming membeli mobil Bentley ini dalam kondisi baru  beserta sejumlah fitur khusus termasuk transmisi manual, kursi ringan, dan dilengkapi bagasi. Bentley ini merupakan hadiah Fleming untuk Ivar Bryce, salah satu sahabatnya. Byce sendiri bukanlah tokoh yang asing bagi penggemar novel James Bond. Ia merupakan sosok nyata dan inspirasi dari tokoh bernama Felix Leiter, seorang perwira intelijen dalam novel legendaris tersebut.

Bentley klasik ini bahkan pernah muncul dalam film James Bond bertajuk Thunderball yang dibesut tahun 1961. Dalam film ini, mobil tersebut dimodifikasi dengan mesin yang lebih besar, serta ditambahkan supercharger dan kopling racing.

Uniknya, meski kendaraan James Bond kerap diidentikkan dengan Aston Martin, namun tokoh ini hanya pernah duduk di belakang kemudi sebuah Aston – DB Mark III dalam sekuel ‘Goldfinger’. Dalam novel-novel Fleming serta filmnya, merek Bentley selalu menjadi kendaraan pilihan Bond (dan tentunya Fleming).

Bentley milik Fleming ini akan naik di kursi pelelangan bersama sejumlah mobil lain yang terhubung secara sinematik, termasuk 1965 Aston Martin DB5 Convertible yang dulu pernah dimiliki oleh produser dan penulis drama Wilton David "Bill" Manhoff, serta Rolls-Royce Phantom II Continental Two Sear Coupe Drophead milik Tyrone Power.

Harga Bentley klasik mendaki dengan cepat selama beberapa tahun terakhir di pelelangan. Bahkan, R-Type Continental dianggap sebagai salah satu model dan tipe terbaik dan paling diinginkan oleh konsumen sepanjang sejarah Bentley.

Juru bicara Gooding & Company memperkirakan, Bentley milik Fleming ini akan terlepas dengan harga sekurangnya USD 2 juta. Dan jelas, salah satu faktornya adalah karena nama besar Fleming pernah tercetak didalamnya.

 

Tags: , , ,


COMMENTS