December 16, 2015

Shell Ajak Pelajar SD Mengenal Keselamatan di Jalan Raya Sejak Dini

Penulis: Desmal Andi
Shell Ajak Pelajar SD Mengenal Keselamatan di Jalan Raya Sejak Dini  

MOBITEKNO – Kesadaran berlalu-lintas, baik untuk pengendara maupun pejalan kaki harus ditanamkan sejak dini. Hal inilah yang mendorong Shell mengadakan Road Safety Competition (kompetisi keselamatan di jalan raya) untuk para pelajar Sekolah Dasar mulai kelas 4 hingga kelas 6. Acara ini diselenggarakan oleh PT Shell Indonesia bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, Korlantas Mabes Polri, dan Kantor Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi DKI Jakarta, dilaksanakan di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah pada Rabu (16/12/2015) dan mengajak 300 pelajar dari 30 Sekolah Dasar di DKI Jakarta.

Selama satu hari para pelajar ini mengikuti serangkaian kegiatan edukasi untuk menanamkan kesadaran pentingnya berperilaku tertib dengan mengedepankan aspek keselamatan di jalan raya yang dikemas melalui sebuah kompetisi edukatif.

“Shell menyadari sepenuhnya bahwa semua pihak harus melakukan aksi nyata untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal di jalan yang menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia,” ujar Iip Sufriza, Corporate HSSE Manager PT Shell Indonesia. “Oleh sebab itu, Shell ingin menannamkan kesadaran untuk berperilaku tertib dan mengedepankan keselamatan di jalan raya sejak dini melalui kompetisi edukatif ini,” tambah Iip.

Tingkat kecelakaan fatal di jalan raya memang menjadi perhatian Pemerintah dan dunia dalam beberapa tahun terakhir, menurut data dari WHO Global Status Report yang dirilis bulan Oktober lalu, sebanyak 1,25 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan fatal di seluruh dunia.

WHO juga memprediksi keadaan untuk Indonesia. Menurut WHO, tingkat kecelakaan fatal yang terjadi di Indonesia di tahun 2013 tidak kurang dari 15,3 kejadian untuk setiap 100 ribu populasi. Secara ekonomi, dampak dari kejadian tersebut bisa membuat PDB Indonesia hilang sebesar 2,9 – 3,1 persen setiap tahunnya.

Shell Road Safety Competition sendiri sudah berjalan dari tahun 2009. Setiap tahunnya acara ini diisi oleh program-program edukatif mengenai keselamatan di jalan untuk Sekolah Dasar di DKI Jakarta.

Tags: , , , ,


COMMENTS