October 15, 2015

Toyota Targetkan Mobilnya Bebas Bensin 35 Tahun Lagi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Toyota Targetkan Mobilnya Bebas Bensin 35 Tahun Lagi  

MOBITEKNO – Toyota Motor Corp. yang berhasil menjual lebih dari 10 juta unit mobil tahun lalu di seluruh dunia (menurut data Forbes), punya rencana jangka panjang mengurangi emisi karbon dari mobil-mobil buatannya.

Untuk mewujudkan tingkat emisi karbon hingga mendekati nol dari mobil-mobil buatannya tersebut, Toyota akan membuat semua mobil-mobilnya bebas dari bensin. Tenggat yang dipatok Toyota adalah tahun 2050 atau 35 tahun lagi.

Berbeda dengan beberapa produsen mobil lainnya yang berfokus pada teknologi listrik atau EV (Electric Vehicles), seperti Tesla Motors, Toyota lebih memilih teknologi fuel-cell sebagai dukungan mereka dalam menciptakan mobil yang ramah lingkungan. Mobil fuel-cell pertama Toyota, yaitu Mirai saat ini sudah mulai dipasarkan di Jepang dan disusul negara di AS dan beberapa negara Eropa lainnya.

Teknologi fuel-cell yang dirancang Toyota dapat menghasilkan energi listrik sebagai penggerak mesin mobilnya. Energi listrik ini dihasilkan dari reaksi antara hidrogen di dalam tangki dan oksigen yang masuk dari bagian intake di depan mobil Keduanya bereaksi secara kimiawi di dalam fuel-cell stack untuk kemudian menghasilkan listrik yang dialirkan langsung atau disimpan ke baterai khusus sesuai kebutuhan.

Produsen asal Jepang yang sudah membuat mobil sejak 78 tahun lalu ini akan memasang target penjualan mobil berteknologi fuel-cell, termasuk mobil Mirai hingga 30 ribu unit pada tahun 2020 nanti.

Meskipun mobil Mirai-nya baru terjual 350 unit karena beberapa faktor, seperti tingkat produksinya yang masih rendah (3 unit per hari) dan infrastuktur yang belum siap, Toyota optimis bahwa pada tahun depan produksi Mirai bisa digenjot hingga sekitar 2.000 unit dan 3000 unit pada tahun 2017.

Menurut Kiyotaka Ise, Senior Managing Officer Toyota, "Saat kami mengumumkan Mirai, kami mengatakan bahwa Toyota berada di awal era hidrogen. Target yang diumumkan memang berkesan ambisius, tapi diperlukan agar bisa terwujud”.

Selain Toyota, mobil dengan mesin berteknologi fuel-cell juga akan segera dirilis produsen asal korea, Hyundai. Selain Toyota, beberapa produsen mobil lainnya diektahui sudah lama berkomitmen membuat mobil ramah lingkungan sejak tahun 1990, misalnya GM (General Motors), Honda, Ford, Nissan, dan Chrysler.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS