October 15, 2015

Di Waze Driver Satisfaction Index, Tingkat Kepuasan Mengemudi di Indonesia Masih Rendah

Penulis: Desmal Andi
Di Waze Driver Satisfaction Index, Tingkat Kepuasan Mengemudi di Indonesia Masih Rendah  

MOBITEKNO – Selain Google Maps, aplikasi Waze banyak digunakan oleh para pengemudi di jalan raya untuk membantu navigasi. Media sosial yang dapat menginformasikan berbagai situasi jalan raya langsung dari para pengguna jalan ini telah digunakan di 160 negara dengan dukungan lebih dari 40 bahasa.

Aplikasi ini memang tidak sekadar memberitahu situasi jalan secara real time, tetapi juga layanan lainnya seperti lokasi SPBU, ATM, hingga kualitas jalan raya yang hendak dilewati. Informasi ini didapat dari para pengguna Waze sehingga mereka dapat memberikan kontribusi kepada pengguna jalan lainnya.

Kini, setelah berhasil mengevaluasi pengalaman mengemudi lebih dari 50 juta orang di 32 negara dan 167 area, Waze membuat Driver Satisfaction Index pertama di dunia dengan tingkat kepuasan dari angka 10 (memuaskan) hingga 1 (menyebalkan). Di Driver Satisfaction Index ini, informasi ditampilkan dengan menyertakan mood dan mentalitas di kota-kota berbeda dan negar di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, di Driver Satisfaction Index ini, Indonesia mendapatkan skor 3,7 untuk Most Satisfaction Index (tingkat kepuasan mengemudi) dari skor maksimal 10. Sementar untuk Safety Index (Indeks Keamanan) dengan menghitung jumlah kecelakaan, bahaya yang dilaporkan, dan kondisi cuaca, indonesia memiliki skor yang baik, yaitu 8,9 dari nilai maksimal 10.

Waze Driver Satisfaction Index ini dihitung berdasarkan enam faktor utama, yaitu Traffic Level berdasarkan frekuensi dan tingkat keparahan kemacetan; kualitas infrastruktur jalan; keamanan pengemudi berdasarkan kecelakaan, bahaya, dan cuaca; layanan pengemudi seperti akses ke SPBU, Socio economi termasuk akses ke mobil da dampak bahan bakar; serta Wazeyness, tingkat bantuan dan kepuasan dalam komunitas Waze.

Tags: ,


COMMENTS